\

Situs Belajar

Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan

Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan - Artikel ilmiah adalah salah satu bentuk dari karya ilmiah, yakni suatu karya ilmiah yang hanya khusus untuk diterbitkan di dalam jurnal ilmiah. yang memiliki uraian yag bersifat sistematis, empiris, dapat dibuktikan kebenarannya, objektif, rasional, dengan menggunakan metode penelitian yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan

Tujuan dibuatnya contoh artikel ilmiah kesehatan yaitu agar masyarakat senantiasa memperhatikan kesehatannya. Dan juga agar lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan yang tidak sehat karena dampaknya sangat buruk bagi kesehatan. Jadi sering-seringlah membaca Artikel Kesehatan untuk mendapatkan info terbaru mengenai kesehatan.

Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan

Berikut ini admin niatku.com membagikan salah satu Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan dengan judul Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan.

Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

Semua orang pasti kenal dengan makanan cepat saji bernama mie instan Selain mudah didapatkan, jenis makanan yang satu ini juga memiliki rasa yang nikmat.Hanya saja, dibalik sifat praktis dan rasanya yang selalu nikmat ini, mie instan juga memiliki sejumlah resiko.

Menurut sejumlah hasil penelitian, Terlalu sering mengkonsumsi mie instan dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit kanker, ginjal dan usus buntu. Pada sejumlah kasus, konsumsi mie instan berlebihan juga dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Apabila Anda biasanya mengkonsumsi mie instan setiap hari, mulailah untuk menguranginya dengan tenggang waktu 2 hingga 3 hari dan lakukan sampai Anda terbebas dari mie instan sama sekali. Menurut penelitian ternyata di dalam mie instan terdapat kandungan lilin yang berbahaya kesehatan. Kandungan lilin dalam mie instan berguna untuk membuat mie tidak lengket satu dengan lainnya. Dengan seringnya kita mengkonsumsi mie instan berarti kita juga telah memasukkan banyak kandungan lilin ke dalam tubuh kita. Kandungan lilin tersebut akan merusak sistem kerja pencernaan dalam tubuh karena baru bisa dicerna oleh tubuh dalam waktu minimal 2 hari.

Selain kandungan lilin, di dalam mie instan juga terdapat natrium yang dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dan maag. Jika dikonsumsi berlebihan dalam waktu yang cukup lama, kandungan natrium ini tentu secara signifikan dapat menimbulkan penyakit di atas. Hal ini didasari oleh karena kandungan natrium yang bersifat menetralkan lambung, sehingga mengakibatkan lambung Anda akan mensekreasi asam dalam jumlah yang banyak agar dapat mencerna makanan.

Mie instan ternyata juga mempunyai kandungan zat-zat lain yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita, seperti MSG dan penambah rasa. Jika Anda masih ingin mengkonsumsi mie instan tetapi ingin tetap sehat Anda harus melakukannya sesuai saran penyajian, dan jangan memasak bumbu mie instan secara bersamaan mienya, karena jika bumbu mie instan dimasak di atas suhu 120 °C bisa memicu terjadinya sel kanker.

Baca :

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Madu adalah hasil produksi dari hewan lebah yang kini telah dikenal lebih jauh karena khasiatnya bagi kesehatan yang melimpah.Takheran jika madu banyak digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Adapun manfaat madu, yaitu:

a. Manfaat madu untuk kesehatan kulit wajah
Madu tak hanya dikenal sebagai pemanis alami, madu juga memiliki manfaat lain yang dapat digunakan untuk kesehatan kulit khususnya kulit wajah. Madu dipercaya dapat digunakan untuk penghilang jerawat, namun perlu ditambahkan dengan beberapa bahan lain seperti jeruk nipis. Madu pun dapat dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori wajah dan menghaluskan kulit wajah.

b. Madu sebagai penghilang batuk
Manfaat madu sebagai penghilang batuk tak hanya isapan jempol belaka yang tiada buktinya, namun manfaat ini dibuktikan dengan jurnal pula. Jurnal itu telah dirilis pada tahun 2007 dengan sampel anak-anak sebanyak 270 orang. Hasil dari penelitian yaitu dengan meminum satu sendok madu sebelum mereka tidur intensitas batuk yang terjadi mengalami penurunan.

c. Madu sebagai peningkat kekebalan tubuh
Di dalam madu ada aneka nutrisi yang begitu kompleks mulai dari vitamin hingga aneka mineral yang dibutuhkan tubuh. Tak heran bila kini banyak para orang tua yang mempercayai madu untuk diberikan kepada anak-anak mereka. Alasan para orang tua memberikan madu yaitu untuk menjaga kesehatan sang anak terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan stamina.

d. Madu sebagai pembunuh bakteri
Di dalam madu ada suatu zat yang memiliki fungsi memperlambat laju bakteri bahkan mematikan bakteri tersebut sehingga tubuh terhindarkan penyakit. Telah dibuktikan pada suatu studi bila madu efektif membasmi bakteri dalam tubuh seperti E. Coli, Salmonella dan bakteri lain sejenisnya. Maka dari itu, khasiat dari madu tak perlu diragukan lagi.

Demikianlah info Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan dari admin niatku.com, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Artikel Terkait : Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan