Macam-Macam Gadget dan Fungsi Gadget

Macam-Macam Gadget dan Fungsi Gadget - Pengertian Gadget adalah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai ‘acang’. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur ‘kebaruan’. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.
Macam-Macam Gadget dan Fungsi Gadget

Macam-Macam Gadget

Gadget  pada zaman sekarang sudah sangat berkembang, hal itu dibuktikan dengan banyak nya model Gadget yang dapat kita temukan dengan mudah. Benda ini merupakan benda yang tidak asing lagi, bahkan sampai anak Sekolah Dasar sudah bisa memakainya. Macam -macam gadget tersebut juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut ini merupakan macam-macam gadget:

1. Handphone

Handphone merupakan telepon yang bersifat portable dengan ukuran kecil tanpa kabel dan memiliki fitur tambahan semacam sms, mms, video Call, dll. Proses perkembangan handphone dari kali pertama ditemukannya telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 telah mengalami evolusi yang sangat besar. Dimulai dari bentukan sederhana, kini telepon berubah menjadi sebuah alat komunikasi modern dengan berbagai fungsi.

2. Laptop

Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja. Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.

3. Tablet

Tablet PC atau sering kita sebut “Tab” merupakan sebuah perangkat elektronik portable yang memiliki fungsi seperti notebook maupun netbook, mulai dari nonton film, ngegame, ngenet dengan didukung perangkat wifi akan memudahkan anda untuk berinternet ria dengan didukung bentuk yang portable dengan ukuran layar 7-9 inci sehingga memudahkan aktifitas anda. Tablet pc ini sudah didukung dengan menggunakan OS berbasis Android sebagai sistem utama untuk menjalankan berbagai aplikasi. Kemudian terdapat USB yang memungkinkan juga untuk mengimport data , dll. Tidak lupa dilengkapi juga dengan multitouch sehingga terlihat elegan dan simple. Vendor pembuat Tablet pc ini pun sudah tidak usah diragukan lagi, mulai dari produsen-produsen yang sudah mempunyai nama besar sampai yang jarang dikenal pun berlomba-lomba untuk membuat tablet pc seperti  Acer, Asus, Gigabyte, MSI, ViewSonic, dan penyedia OEM tablet PC, seperti Shuttle, tentunya setiap produsen mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

4. Kamera Digital

Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital berupa memory card.

5. Pemutar Media Player

Pemutar Media Player atau biasa kita kenal dengan MP3 Player yang merupakan alat pemutar musik yang bentuknya kecil, mini dan dapat disimpan disaku tanpa memerlukan ruang yang besar.

Fungsi Gadget

Pada dasarnya gadget berfungsi untuk membuat hidup manusia menjadi lebih praktis. Berdasarkan jenis-jenis gadget, adapun beberapa fungsi gadget adalah sebagai berikut:
  1. Media Komunikasi, fungsi gadget yang paling bermanfaat bagi manusia adalah sebagai media komunikasi. Setiap orang dapat terhubung dan saling berkomunikasi dengan menggunakan perangkat komunikasi seperti smartphone, laptop, smart watch, dan lainnya.
  2. Akses Informasi, selain sebagai media komunikasi, gadget juga berfungsi sebagai alat untuk mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet.
  3. Media Hiburan, beberapa jenis gadget dibuat khusus untuk tujuan hiburan. Misalnya iPod untuk mendengar musik dan smartphone yang dapat membuka video.
  4. Gaya Hidup, gadget sudah menjadi bagian penting kehidupan manusia saat ini. Jadi, boleh dikatakan bahwa gadget akan mempengaruhi gaya hidup setiap penggunanya.
  5. Menambah Wawasan, dari beberapa fungsi gadget yang disebutkan di atas maka hal tersebut akan membuat para pengguna gadget akan semakin bertambah wawasannya.
Meskipun gadget dapat dapat mendorong produktivitas para penggunanya, namun tentu saja ada dampak negatif yang bisa terjadi. Misalnya penggunaan gadget oleh anak-anak untuk menonton atau bermain game tanpa kontrol dari orang tuanya sehingga mengakibatkan mereka kecanduan.

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Gadget dan Fungsi Gadget"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel