Ikan Black Ghost : Cara Budidaya dan Pemeliharaan

Ikan Black Ghost : Cara Budidaya - Ikan Black Ghost (Apterontus albifrons) merupakan ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazone, Amerika Selatan yang ukurannya dapat mencapai 50 cm yang tergolong sebagai ikan pisau (knife fish). Disebut Black Ghost atau ‘Si Setan Hitam’ karena tubuhnya berwarna hitam kusam (warna putih hanya melilit pada pangkal ekornya) sedangkan ikan ini suka bersembunyi dalam kegelapan pada siang hari dan melakukan aktivitasnya pada malam hari. Meskipun ikan ini dinamakan black ghost kenyataanya ikan ini merupakan ikan yang jinak dan dapat bersahabat dengan ikan lainnya.
Ikan Black Ghost : Cara Budidaya dan Pemeliharaan

Pada umumnya ikan ini dikenal sebagai ikan aquarium karena warnanya yang begitu eksotis dan gerakkanya yang sangat unik, maju mundur serta bentuk bawahnya menyerupai bendera saat berkibar sehingga ikan ini banyak digemari sebagai ikan hias.

Black Ghost bersifat nokturnal serta mampu menghasilkan listrik lemah (<1V/cm) dengan frekuensi medan listrik antara 0,1-10 kHz. Sinyal listrik dihasilkan dari organ di ekor ikan dan akan didistribusikan oleh reseptor yang ada di seluruh kulitnya yang berguna mendeteksi adanya mangsa (larva serangga) serta untuk mengenali objek sekitar (navigasi) dan berkomunikasi dengan ikan lain.

Cara Budidaya Ikan Black Ghost

Bagi anda yang tertarik dengan ikan hias unik ini dan ingin membudidayakannya tak perlu risau, karena permintaan akan ikan black ghost tak pernah sepi alias banyak sekali permintaannya. Selain itu, budidaya ikan ini terbilang mengiurkan, karena untuk penjualan ikan berumur 2 bulan saja sudah memperoleh penghasilan yang menjanjikan. Adapun cara budidaya ikan black ghost akan dijelaskan dibawah ini :

Persiapan Aquarium

Cara budidaya ikan black ghost terbilang mudah, sama mudahnya dengan cara budidaya ikan leel di kolam beton, yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan kandang atau aquarium sebagai tempat tumbuh dan berkembang biak. Siapkan aquarium dengan ukuran 100 x 40 x 40 cm (atau sesuai keiinginan), dengan ukaran tersebut dapat di isi 10 ekor indukan. Cara Budidaya Ikan Patin dengan Mudah ]

Jangan lupa untuk memberikan peralatan tambahan seperti aerator, filter, tempat penempatan telur yang bisa berupa pakis (biasanya digunakan untuk menaman anggrek).

Penggunaannya pakis yaitu dengan cara ditumpuk, lalu diberikan sekat berupa potongan lidi supaya terdapat cela. Tumpuk pakis menggunakan batu agar bisa tenggelam, ini dikarenakan ikan black ghost sangat suka meletakan telurnya di sela-sela batu atau kayu.

Selain memasang perlengkapan tadi, untuk cara budidaya ikan black ghost diperlukan adanya tambahan aksesoris lain, misalnya kayu dengan warna hitam (akar bakau), atau bisa juga menggunakan bebatuan berwarna hitam. Aksesoris ini berfungsi sebagai tempat bersmbunyi black ghost pada waktu siang hari. Tidak disarankan untuk menggunakan aksesoris berwarna terang atau mencolok, karena penglihatan ikan jenis ini tak begitu kuat dalam menahan cahaya atau warna -warna cerah, contohnya warna merah serta warna kuning. 

Pemberian Air

Setelah aquarium sudah siap, langkah berikutnya adalah mengisinya dengan air. Untuk air, tidak bisa sembarangan, karena ikan black ghost membutuhkan air jernih dengan pH 6 hingga 7 dan suhu 26 – 27 derajat celcius. Maka itu, air sebaiknya diganti setiap 5 hari sekali dengan menggunakan air tanah yang sebelumnya sudah diendapkan selama 24 am dengan aerator. Bila kesulitan menemukan air tanah, anda bisa juga menggunakan air PAM, bila menggunakan air PAM sebelum dimasukkan ke dalam aquarium sebaiknya diendapkan terlebih dahulu selam 3 hari.

Pemilihan Indukan

Salah satu kunci sukses cara budidaya ikan black ghost yaitu pemilihan indukan. Indukan yang baik diharapkan mampu menghasilkan anakan yang baik juga.  Sebelum memilih indukan, sebaiknya ketahui ciri-ciri jantan dan betinanya, untuk mengetahuinya cukup mudah semudah cara budidaya ikan ramirezi, berikut ciri-cirinya :
  • Untuk indukan jantan akan memiliki dagu yang lebih panjang. Badan lebih panjang, dengan ukuran mencapai 30 cm.
  • Sedangkan untuk sang betina memiliki dagu lebih pendek dari pada si jantan. Badannya lebih pendek, dengan ukuran kisaran 15-23 cm. Cara Budidaya Secara Hidroponik secara Lengkap ]
  • Indukan yang baik untuk ikan black ghost adalah lebih dari 1 tahun. Indukan yang baik adalah ikan black ghost dengan keadaaan sehat, tak cacat serta tidak terkena organisme penyakit di tubuhnya.

Pembenihan Ikan Black Ghost

Pembenihan ikan black ghost berbeda dengan cara mengatasi sifat kanibaliesme pada ikan lele, untuk pebenihan ikan setan hitam ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan pembenihan masal dan pembenihan berpasangan. Bila memilih pembenihan masal maka lakukan langkah-langkah seperti ini :
  • Gunakan kolam khusus atau bisa memanfaatkan bak fiber dengan ukuran 2,5 x 1,5 x 0,5 m (panjang x lebar x tinggi).
  • Disisi 20 ekor indukan.
  • Satu kolam tadi harus menggunakan perbandingan jantan dan betina sebanyak 8 :12.
  • Isi kolam dengan air bersih setinggi 30 cm. 

Cara kedua yaitu menggunakan pemijahan secara berpasangan, langkah ini berbeda dengan cara budidaya ikan mujair di kolam terpal, berikut step by step nya :
  • Umumnya pembenihan dengan cara berpasangan memerlukan aquarium berukuran 100 x 50 x 40 cm (panjang x lebar x tinggi).
  • Satu aquariumnya di isi dengan 7 ekor indukan.
  • Untuk perbandingannya yaitu 3 indukan jantan dan 4 indukan betina. Atau bisa juga menggunakan sistem 5 ekor indukan dengan perbandingan 2 jantan serta 3 betina.
  • Isi kolam dengan air bersih setinggi 30 cm.

Saat proses pembenihan berlangsung, jangan lupa memberikan tempat untuk persembunyian. Tak perlu pusing, anda bisa menyiapkan pralon dengan ukuran besar sesuai dengan ukuran sang indukan black ghost. Jangan lupa untuk memberikan tempat penempelan telur dan melengkapi aquarium dengan aerator.

Penetasan serta Pemeliharaan Larva

Umumnya proses penetasa ikan hias dilakukan di tempat terpisah dengan indukannya, bila sudah terlihat adanya telur yang menempel pada pakis atau tempat peneluran maka segera pidahkan ke tempat penetasan.

Aquarium untuk penetasa bisa menggunakan ukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm,  tinggi 40 cm dengan ketinggian air 30 cm. Gunakan tambahan 4 buah titik aerasi di setiap aquariumnya, hidupkan selama proses penetasan berlangsung. Manfaat Budidaya Tanaman Hias di Halaman Rumah ]

Telur akan mulai netas pada rentan waktu 3 hingga 4 hari. Saat menetas larva akan bersembunyi di balik sela-sela pakis. Setelah 4 hari berlalu, maka anakan ikan black ghost sudah bisa diberikan pakan berbentuk naupli artemi kurang lebih 2 minggu lamanya.

Untuk dua minggu berikutnya sudah bisa diberikan pakan utama ikan black ghost berupa jentik nyamuk, cacing, atau bisa juga menggunakan cacing merah, jangan lupa untuk mencacah hingga halus. Proses penetasa hingga pemeliharaan anakan berlangsung selama satu bulan. Setelah satu bulan berlangsung anakan ikan black ghost sudah bisa di tebar kedalam kolam atau tempat pembesaran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel