Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha di Masa Pandemi

Peluang Usaha di Masa Pandemi - Covid-19 ini telah memunculkan Peluang Usaha di masa pandemi yaitu bisnis online shop. Usaha adalah suatu usaha atau aktifitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual. Untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata online adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan computer yang dapat diakses melalui jaringan computer lainnya. Misalnya, beberapa orang memulai bisnis mereka secara daring karena memiliki banyak waktu luang pada saat WFH (Work From Home) mereka mulai memanfaatkan media social yang ada seperti Whatsapp, instagram, facebook, Maupun mulai membuka took mereka secara digital yang telah disediakan oleh berbagai platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada.

Peluang Usaha di Masa Pandemi

Peluang Usaha di Masa Pandemi

Dewasa ini perkembangan bisnis online seolah tak terbendung lagi, apalagi di dukung dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat serta penetrasi jaringan internet yang terus meluas hingga menjangkau ke seluruh pelosok negeri. Banyak marketplace bermunculan dalam 10 tahun terakhir ini, Seperti Bukalapak dan Tokopedia yang merupakan marketplace karya anak bangsa, hal tersebut turut mengembangkan ekosistem bisnis online menjadi lebih ramai serta di ikuti oleh pelapak-pelapak offline yang mulai membuka took mereka secara offline atau bahkan ada juga seseorang yang hanya mempunyai lapak online saja tanpa toko fisik. Lalu apa yang dimaksud dengan bisnis online, Bisnis online didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntugan melalui media internet rosinta. Prinsipnya sama seperti menjalankan bisnis offline, Tapi bedanya, bisnisnya dijalankan secara online di internet. Pemasaran dilakukan melalui internet dan pembelinya didapat melalui internet.

Di Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun 2000-an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang ingin di jual/di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang membuat berbelanja online semakin mudah terjadi. Lalu apakah yang dimaksud dengan online shop itu sendiri.

Peluang Usaha di Masa Pandemi Online Shop

Online shop merupakan sarana atau toko untuk menawarkan barang dan jasa lewat internet sehingga pengunjung online shop dapat melihat barang barang di toko online. Saat ini orang banyak memanfaatkan online shop dan terus meningkat tiap tahunnya, terlebih lagi tahun ini dengan adanya pandemi. Banyak konsumen yang sebelumnya tidak pernah berbelanja online kini harus mengandalkan platform belanja digital untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Pertumbuhan ini juga tidak terlepas dari perkembangan infrastruktur dan penetrasi digital di Indonesia. E-commerce pun menjadi alternatif bagi banyak masyarakat Indonesia untuk mencari dan membeli produk. Di tahun ini, hampir seluruh pengguna internet di Indonesia tepatnya 88% telah membeli produk online.

Ekonomi digital di Indonesia sendiri terutama didorong oleh mereka yang lahir di atas tahun 1990 yang secara aktif mengadaptasi teknologi digital dan lebih banyak menghabiskan waktu di internet. Menurut data iPrice, jumlah pengguna marketplace di kuartal ke-3 tahun ini meningkat dibandingkan kuartal ke-3 tahun lalu.

Pada Q3 tahun lalu, jumlah pengunjung Shopee adalah 55,9 juta orang sementara tahun ini jumlah pengunjungnya mencapai 96,5 juta atau meningkat sekitar 72%. Selain Shopee, Tokopedia pun menunjukkan angka yang serupa. Pada Q3 tahun 2019, jumlah pengunjung

Tokopedia mencapai 65,9 juta sementara tahun ini mencapai 84, 9 juta (meningkat 28%).

Tujuan dan Manfaat Online Shop

Berikut dibawah ini merupakan tujuan dari memulai bisnis dengan membuka online shop :

  1. Mendapatkan Penghasilan: Banyak orang yang beranggapan bahwa bisnis online merupakan pekerjaan sampingngan. Tapi jika kita cerdas dalam mengembangkan usaha produk atau jasa ini, dapat menghasilkan pendapatan lebih dari pekerjaan utama kita.
  2. Mendapatkan Pengunjung: Dalam situs yang kita dirikan, bila kita mempunyai banyak visitor maka secara otomatis akan mejadi pelanggan tetap kita dan secara otomatis uang yang dihasilkan dalam bisnis online pun akan meningkat pesat.
  3. Membangun Komunitas: Adanya komunitas atau perkumpulan para pembisnis akan saling menguntungkan satu sama lain, Kenapa begitu? Mereka akan ikut menjadi motor penggerak kemajuan bisnis kita.
  4. Berkomunikasi: Kita harus memastikan tampilan dan isi dari artikel kita dapat mudah dicerna kata-katanya, agar pembaca tidak bosan atau jenuh saat mengunjungi website kita.
  5. Mendapatkan Iklan: Kita juga dapat menghasilkan dari pengiklanan bila tentunya website kita sudah cukup terkenal

Kelebihan dan Kekurangan Online Shop

Semakin banyaknya online shop dengan berbagai macam barang yang diperjualbelikan, jika ingin memesan juga dengan cara yang sangat mudah. Banyak hal yang menyebabkan seseorang lebih memilih belanja online karena memiliki banyak kelebihan. Berikut ini kelebihan online shop diantaranya :

  1. Tidak terikat tempat dan waktu, terutama bagi anda orang yang sibuk sehingga tidak sempat berbelanja dengan mendatangi ketoko.
  2. Banyak pilihan toko online yang menyediakan ragam produk yang anda inginkan.
  3. Menghemat waktu dan tenaga, anda tidak perlu berkeliling mal atau toko, anda cukup meluangkan waktu sebentar dengan membuka internet dan tentu saja anda akan terhindar dari kemacetan jalan raya.
  4. Anda dapat membandingkan produk dan harga dengan toko online lainnya, sehingga lebih banyak pilihan.
  5. Proses belanja yang mudah, cukup memesan barang, dan pembayaran biasanya dapat melalui internet/mobile banking atau ATM dan tinggal menunggu barang dikirim.

Selain kelebihan tentunya juga ada kekurangan dari belanja online, berikut ini kekurangan dari belanja online:

  1. Menjadi sasaran penipuan dan cybercrime, data tentang cybercrime online dunia juga luas, sehingga sebagian besar ancaman terhadap bisnis online memiliki risiko tinggi dari data pelanggan hingga pencurian data akun dan pembayaran dari pelanggan.
  2. Fisik dan kualitas barang tidak sesuai dengan yang diharapkan, karena kita hanya dapat melihat melalui foto yang ada di website.
  3. Dikenakan biaya transportasi atau pengiriman, sehingga ada biaya tambahan.
  4. Tidak dapat melihat dan mencoba secara barang yang dipesan secara langsung.
  5. Butuh waktu agar barang sampai ditempat anda karena proses pengiriman.

Memulai Online Shop

Terdapat beberapa tips untuk memulai suatu online shop yang akan dijelaskan lenih lanjut pada tulisan di bawah ini:

1. Tentukan Tujuan

Dalam menentukan tujuan ini, Anda harus terlebih dahulu memikirkan sebuah tujuan, tentang sektor online shop seperti apa yang akan hendak dijalankan. Sebagai contoh bisnis online jualan baju lewat Facebook. Dengan memantapkan tujuan bisnis online, tentunya akan mempengaruhi keberhasilan usaha online yang akan dilaksanakan nantinya.

2. Riset Pasar

Memulai online shop sesuai minat merupakan hal yang baik. Dan akan lebih baik jika sebelumnya diikuti dengan riset. Melakukan riset pasar adalah cara untuk melihat seberapa baik potensi pasar.

3. Jangan Ditunda 

Jika sudah punya tujuan dari online shop maka segera lakukan. Jangan ditunda-tunda. Sebab sering kejadian sesuatu yang ditunda akhirnya tidak jadi dilaksanakan. Apalagi kalau sudah punya ide, langsung laksanakan jangan ditunda.

4. Lakukan Bertahap

Menjalankan online shop bukan kerja semalam. Namun merupakan kerja yang membutuhkan konsistensi dan dilakukan secara terus menerus. Pebisnis online selalu punya langkah lanjutan untuk membuat online shop nya lebih maju.

5. Perluas Jaringan

Teman, kawan dan jaringan merupakan asset yang penting dalam memulai suatu online shop. Makin banyak jaringan anda, makin banyak pintu rejeki akan mengalir pada anda.

6. Marketing

Marketing atau pemasaran adalah penggerak dari segala jenis bisnis di dunia ini, termasuk di online shop. Di dunia bisnis manapun Marketing adalah pendukung utama penjualan, jangan bosan untuk melakukan Marketing. Perusahaan yang sudah besar sekalipun tidak bosan-bosan melakukan Marketing.

7. Berani Ambil Resiko

Yang namanya Resiko disetiap kegiatan apapun selalu ada, baik resiko terbaik maupun resiko terburuk. Tinggal bagaimana kita memandang resiko terutama resiko yang buruk. Kata para ahli orang yang sukses adalah orang yang berani ambil resiko.

8. Harus Fokus

Jangan mudah berpindah arah. Tetap fokus dengan bisnis online anda. Ada banyak “godaan” di bisnis online, dan di sini focus menjadi sangat dibutuhkan

9. Jangan Bosan

Mungkin ada saatnya anda mengalami kebosanan saat harus menjalankan ini itu agar online shop anda tetap berjalan. Bosan merupakan sifat yang sangat manusiawi. Namun untuk berhasil anda harus bisa mengalahkan sifat mudah bosan. Yang namanya hidup ini adakalanya kita merasa bosan. Tapi rasa bosan jangan dibiarkan, cari variasi yang lain agar tidak bosan.

10. Memposisikan diri sebagai konsumen

Kita harus menempatkan diri kita sebagai konsumen dengan begitu kita akan bisa memberikan pelayanan yang maksimal demi kepuasan pelanggan, Variabel harga dan kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan dan bersama-sama (simultan) terhadap kepuasan pelanggan