-->

Teorema Pythagoras Kelas 8 Rumus dan Soal

Teorema Pythagoras Kelas 8 - Teorema Pythagoras adalah pernyataan mengenai hubungan antara sisi-sisi sebuah segitiga siku-siku. Teorema Pythagoras ditemukan pada abad ke-6 SM oleh Pythagoras, seorang filsuf dari Yunani Kuno (Ancient Greek) yang dikenal dengan sebutan "Πυθαγόρας ὁ Σάμιος" yang berarti "Pythagóras o Sámios". Pythagoras hidup di zaman Yunani Kuno, lahir di Sámios sekitar tahun 570 SM hingga meninggal sekitar tahun 495 SM (tahun sebelum masehi dihitung mundur). Teorema Pythagoras menjadi konsep dasar pembentukan rumus Pythagoras di zaman yang lebih modern.

Teorema Pythagoras Kelas 8

Simon Singh (1998) dalam bukunya menyatakan sebelum lahirnya Pythagoras, teorema tersebut telah ada. Pythagoras merupakan orang pertama yang membuktikan teorema ini secara matematis. Pythagoras dinobatkan sebagai penemu teorema tersebut dengan nama "Teorema Pythagoras". Selain itu Pythagoras juga berjasa terhadap teori bilangan, geometri, hingga ilmu filsafat. Pemikiran Pythagoras memberikan pengetahuan terhadap filsuf Yunani kuno terkenal berikutnya untuk menemukan atau menciptakan hal baru, misalnya Plato. Selanjutnya Pythagoras dikenal sebagai "Bapak Matematika" karena menjadi tokoh awal terhadap perkembangan ilmu matematika.

Terdapat 2 pernyataan dari teorema Pythagoras, yaitu pernyataan tentang segitiga siku-siku dan pernyataan tentang luas persegi pada sisi segitiga siku-siku. Hal ini menjadi konsep dasar untuk membuat rumus Pythagoras.

Teorema Pythagoras menyatakan :

"Segitiga siku-siku adalah segitiga yang mempunyai sudut siku-siku, kakinya adalah 2 sisi yang membentuk sudut siku-siku, dan hipotenusa adalah sisi miring yang berhadapan dengan kakinya"

Teorema Pythagoras Kelas 8

dengan: a,b = kaki segitiga; dan c = sisi miring (hipotenusa)

Contoh Soal

1. Sebuah segitiga siku-siku mempunyai sisi datar 3 cm dan sisi tegak 4 cm. Hitunglah sisi miringnya!

Diketahui:

a = 3 cm, b = 4 cm

Ditanya:

Sisi miring (c)!

Penyelesaian:

Teorema Pythagoras

Jadi, sisi miring segitiga siku-siku tersebut adalah 5 cm.

2. Diketahui sebuah segitiga siku-siku mempunyai sisi miring 10 cm dan sisi datar 8 cm. Tentukan sisi tegak segitiga siku-siku tersebut!

Diketahui:

c = 10 cm, a = 8 cm

Ditanya: 

Sisi tegak segitiga siku-siku!

Penyelesaian:

Contoh Soal Teorema Pythagoras Kelas 8

Jadi, sisi tegak segitiga siku-siku adalah 6 cm.

Teorema Pythagoras menyatakan:

"Pada segitiga siku-siku, jumlah luas persegi pada kakinya sama dengan luas persegi pada sisi miringnya (hipotenusa)"

Rumus Teorema Pythagoras

Angka triple Pythagoras adalah 3 angka bilangan asli yang memenuhi teorema Pythagoras, 3 angka ini merupakan panjang sisi segitiga siku-siku yang dibentuk.

Berikut merupakan angka triple Pythagoras primitif yang kurang dari 100. Angka triple Pythagoras primitif dapat menghasilkan angka triple Pythagoras non-primitif. Misalkan angka primitif 3, 4, 5 dapat membentuk angka (6, 8, 10); (12, 16, 20); dan seterusnya.

Tabel triple Pythagoras

Misalnya (3, 4, 5) berarti sisi a = 3, b = 4, dan c = 5, akan membentuk segitiga siku-siku.