Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batu Permata Mutiara, Khasiat, Kegunaan dan Manfaat

Batu Permata Mutiara – Batu Permata Mutiara adalah suatu benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak (khususnya mantel) dari moluska hidup. Sama seperti cangkang-nya, mutiara terdiri dari kalsium karbonat dalam bentuk kristal yang telah disimpan dalam lapisan-lapisan konsentris. Mutiara yang ideal adalah yang berbentuk sempurna bulat dan halus, tetapi ada juga berbagai macam bentuk lain. Mutiara alami berkualitas terbaik telah sangat dihargai sebagai batu permata dan objek keindahan selama berabad-abad, dan oleh karena itu, kata “mutiara” telah menjadi metafora untuk sesuatu yang sangat langka, baik, mengagumkan, dan berharga.

Batu Permata Mutiara


Mutiara laut dihargai lebih tinggi dari mutiara air tawar. Yang banyak dijual dengan harga murah adalah mutiara imitasi, tapi kualitasnya biasanya jelek. Secara umum, mutiara imitasi dapat dengan mudah dibedakan dari mutiara asli. Mutiara banyak dibudidaya untuk digunakan sebagai perhiasan. Namun pada masa lalu, mutiara juga digunakan sebagai hiasan pada pakaian-pakaian mewah. Mutiara juga bisa dihancurkan dan digunakan dalam kosmetik, obat-obatan, atau dalam formula cat.

Batu Permata Mutiara

Batu Permata Mutiara yang dianggap berkualitas hampir selalu berwarna-warni dan menyerupai mother of pearl, seperti interior kulit yang memproduksi mereka. Namun, hampir semua jenis moluska bercangkang mampu menghasilkan mutiara yang sedikit kurang bersinar atau berbentuk kurang bulat seperti bola. Meskipun mereka mungkin juga sah disebut sebagai “mutiara” oleh laboratorium gemologi dan juga di bawah aturan US Federal Trade Commission dan terbentuk dengan cara yang sama, kebanyakan dari mereka tidak bernilai, kecuali sebagai barang antik.

Hampir semua moluska bercangkang bisa menghasilkan beberapa jenis mutiara, melalui proses alami, ketika suatu obyek mikroskopis terperangkap di dalam mantel lipatan moluska, tetapi sebagian besar dari mutiara tidak dihargai sebagai batu permata. [ Manfaat dan Khasiat Batu Safir Putih ]

Sebuah mutiara alami terbentuk tanpa intervensi manusia sama sekali, di alam liar, dan sangat jarang terjadi. Kira-kira ratusan kerang mutiara harus dikumpulkan dan dibuka, dan dengan demikian dibunuh, hanya untuk menemukan satu mutiara liar, dan selama berabad-abad itulah satu-satunya cara untuk memperoleh mutiara. Ini adalah alasan utama mengapa mutiara termasuk sangat berharga pada masa lalu. Mutiara budidaya, di sisi lain, merupakan salah jenis mutiara yang dibentuk dengan melibatkan manusia, di sebuah peternakan mutiara.

Khasiat, Kegunaan dan Manfaat Batu Permata Mutiara

Batu Permata Mutiara atau bisa disebut batu permata bulan. Hal ini karena warnanya yang keperakan seperti bulan saat purnama. Mutiara mengeluarkan warna peraknya yang berkilauan, warna ini berasal dari warna lapisan tiram di mana mutiara tersebut tumbuh. Mutiara digunakan untuk menghilangkan pengaruh jahat dari bulan dan mempeertajam kekuatan pikiran, bisa membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik dan sebagai obat insomnia.

Mereka yang cocok mengenakan Batu Mutiara adalah :

  • Orang yang memiliki tanda zodiak Cancer.
  • Orang yang banyak mengalami tekanan atau dalam kehidupannya banyak mengalami kesialan.
  • Orang-orang yang menderita penyakit yang berkaitan dengan mata, penyakit yang berkaitan dengan kelamin (untuk perempuan), gangguan pencernaan, kelelahan, penyakit umum dan kelemahan fisik.
  • Mutiara juga banyak manfaatnya bagi anak-anak.

Nilai positif Mutiara

Memakai mutiara akan meningkatkan keharmonisan serta kebahagiaan dalam rumah tangga / perkawinan dan mencegah kesedihan (bagi perempuan) yang masih pengantin baru.

Mutiara dapat meningkatkan kebahagiaan dalam pernikahan.

Prosedur atau tata cara untuk memakai

  • Hari untuk memakai adalah pada hari senin.
  • Waktu untuk mengenakan batu mutiara harus dipakai pada malam, atau ketika Bulan naik.
  • Mutiara dikenakan dalam bentuk cincin pada jari terkecil dari tangan kanan.

Perhatian : Sebuah Mutiara yang rusak dapat menyebabkan masalah besar bagi pemakainya.

Demikianlah artikel seputar Batu Permata Mutiara, Khasiat, Kegunaan dan Manfaat, semoga bermanfaat.