Niat Sholat Hajat, Cara, Waktu dan Manfaat

Niat Sholat Hajat, Cara dan Manfaat - Sebelumnya kita sudah membahas Niat Sholat Dhuha. Sholat merupakan ibadah yang wajib hukumnya bagi setiap umat muslim yang telah menginjak waktunya yaitu telah baligh dan berakal. Dengan selalu menjalankan sholat tentunya kita sebagai umat muslim akan bisa memperoleh banyak hal termasuk kemuliaan dari tuhan yang maha esa, di mudahkan rizkinya, dan di jauhkan dari mara bahanya dan penyakit. Namun selain itu sholat merupakan salah satu tiang agama yang kita kenal akan kekuatannya.

Namun selain sholat wajib 5 waktu. Di dalam ajaran agama islam terdapat macam-macam sholat yang bisa kita kerjakan dan salah satunya adalah sholat hajat. Apa itu sholat hajat? sholat hajat adalah sholat sunnah yang di kerjakan ketika kita mempunyai hajat atau keinginnan agar semua apa yang kita inginkan bisa segera di kabulkan oleh allah SWT. Berapa rakaat sholat hajat itu? sholat hajat biasanya di kerjakan dengan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat yang dikerjaan dengan salam setiap dua rakaat. 

Tidak hanya akan mempercepat hajat yang kalian inginkan, namun dengan melakukannya banyak sekali manfaat sholat hajat yang bisa di peroleh. Jadi bagi kalian yang ingin merasakan manfaat dan keutamaan sholat hajat membaca informasi yang akan kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat begitu besar. Tentunya selain bisa memahami apa makna dari sholat hajat, kalian juga bisa mengerti bagaimana tata cara dan apa saja manfaat sholat sunah hajat. Dan berikut kami rangkumkan untuk anda semuanya.

Niat Sholat Hajar (Bacaan) dan Tata Cara

Secara sepesifik, tata cara sholat hajat sama seperti tata cara sholat wajib 5 waktu sehingga semua umat muslim tentu bisa mengerjakannya. Namun hal yang mebedakan hanyalah niatnya. Dimana niat sholat hajat yang bisa kalian baca yaitu:
Niat Sholat Hajat
Ushallii sunnatal haajati rak'aataini lillaahi ta'aala
Artinya: "Aku berniat shalat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta'ala."
Setelah kalian membaca niat sholat hajat, kemudian yang kalian lakukan adalah:
  1. Takbiratul ihram
  2. Berdiri bagi yang mampu
  3. Di raka'at pertama, membaca surat Al-Fatihah yang kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al-Kafirun sebanyak 10 kali. Di rakaat kedua membaca surat Al-Fatihah dan diteruskan dengan membaca surat Al-Ikhlash sebanyak 10 kali
  4. Ruku'
  5. 'Itidal
  6. Sujud dua kali
  7. Duduk diantara dua sujud
  8. Tuma'ninah (tenang sejenak) dalam ruku', sujud, duduk diantara dua sujud dan i'tidal
  9. Tasyahud akhir
  10. Membaca sholawat kepada Nabi
  11. Duduk karena melakukan tasyahud akhir dan sholawat salam
  12. Salam yang pertama
  13. Tertib Setelah Salam melakukan sujud dengan maksud tadzallul (merendahkan diri pada Allah)
  14. Pada sujud ini membaca subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil 'aliiyil 'adzim sebanyak 10 kali
  15. Allahumma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa ali sayyidina muhammad sebanyak 10 kali
  16. Dan yang terakhir membaca doa sapu jagad, rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil'ahirati hasanah wa qinaa 'adzaabannar sebanyak 10 kali.
Apabila didalam mencari informasi terkait bagaiamana tata cara sholat hajat dan niat sholat hajat, namun ada yang berbeda, mungkin bisa disiasati dengan kalian menggunakan yang paling di anggap benar oleh kalian.

Waktu yang Tepat Melakukan Sholat Hajat

Banyak yang bertanya kapan sih kiranya waktu yang tepat untuk melakukan sholat hajat? Sebenarnya sholat sunnah hajat ini bisa dilakukan kapan saja sesuai kemauan. Namun yang pasti ada beberapa waktu yang tidak boleh untuk mengerjakannya yang diantaranya adalah :
  1. Saat matahari berada tepat di puncaknya
  2. Saat sesudah memasuki waktu sholat subuh
  3. Sudah masuk waktu ashar sampai dengan matahari terbenam
  4. Ketika matahari terbit dan naik setinggi lembing
  5. Saat matahaari mulai terbenam hingga matahari terbenam sempurna

Manfaat Sholat Hajat

Ada beberapa manfaat sholat hajat yang bisa kita dapatkan ketika kita selalu melaksankannya sesuai dengan adab yang ada. Dimana diantara manfaat-manfaat tersebut antara lain:
  1. Dapat mempermudah terkabulnya doa yang kita panjatkan
  2. Lebih mendekatkan diri pada sang pencita yaitu Allah SWT
  3. Bisa menghindarkan diri dari sekulitan dan marabahaya
  4. Tentunya sama seperti ibadah sholat lainnya, manfaat sholat hajat juga bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.
  5. Dijelaskan juga bahwa ketika sering melakukan sholat hajat dan sholat sunnah lainnya serta sholat wajib 5 waktu kita akan di dekatkan pada surga Allah SWT.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel