-->

Cara Meredakan Pusing Ala SehatQ.com

Cara Meredakan Pusing Ala SehatQ.com - Pusing adalah sakit yang dirasakan di daerah kepala atau merupakan suatu sensasi tidak nyaman yang dirasakan pada daerah kepala. 

Cara Meredakan Pusing Ala SehatQ.com

Pusing kepala umumnya diklasifikasikan sebagai pusing kepala primer dan pusing kepala sekunder, kemudian dibagi menjadi beberapa jenis pusing kepala tertentu. Gangguan pusing kepala primer adalah pusing kepala yang sifatnya “idiopatik”, pusing kepala yang tidak terkait dengan kondisi patologi atau penyebab lain yang mendasarinya. Berdasarkan pemeriksaan neurologis dan tes pencitraan biasanya normal, tidak peduli seberapa parah gejalanya. Kejadian pusing kepala primer lebih sering terjadi dibandingkan pusing kepala sekunder. pusing kepala sekunder adalah pusing kepala yang dikaitkan dengan kondisi patologis yang mendasari, seperti adanya tumor otak, aneurisma, penyakit inflamasi. Dengan pemeriksaan neurologis dan tes pencitraan telah terbukti membantu dalam diagnostik pusing kepala sekunder.

 Cara Meredakan Pusing Ala SehatQ.com

Jika anda terkena sakit kepala ( pusing ) SehatQ.com memberikan 9 langkah yang bisa kita lakukan untuk meredakannya.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah duduk atau berbaring dan menghindari cahaya dengan intensitas tinggi. Jika pusing terjadi pada siang hari carilah tempat yang sejuk untuk meredakan sakit kepala. Bisa juga dengan mengkomsumsi air putih karena dehidrasi juga bisa menjadi faktor terjadinya pusing. 
  2. Langkah kedua mengkomsumsi jahe. Jahe selain bermanfaat untuk penyakit seperti mual dan sakit perut ternyata juga bisa meredakan pusing. Apalagi kalau penyebab pusing yang dialami karena masuk angin. Jahe sangat mujarab untuk mengobati pusing yang disebabkan oleh masuk angin.
  3. Langkah kedua Gerakan Epley (Epley maneuver). Jika pusing disebakan karena penyakit vertigo, maka langkah yang sangat tepat untuk meredakan pusing adalah gerakan epley. Untuk mengetahui langkah-langkah tepat melakukan gerakan epley anda bisa melihatnya di sini https://www.sehatq.com/artikel/pengobatan-vertigo.
  4. Langkah ketiga Akupuntur. Teknik akupuntur tidak terbantahkan lagi mampu merecakan pusing, hanya saja akupuntur harus dilakukan oleh ahlinya. Jika anda bukan ahli akupuntur jangan pernah sekali-kali melakukan akupuntur untuk meredakan pusing karena bisa berakibat fatal.
  5. Langkah keempat Mengkomsumsi Vitamin dan Zat Besi. Pusing bisa disebakan karena kita terkena anemia, maka untuk meredakannya kita bisa mengkomsumsi Vitamin B-6 dan Zat besi. Jenis makanan yang mengandung vitamin B-6 seperti susu, keju, salmon, tuna, telur, daging sapi, wortel, ubi jalar, tahu, pisang dan alpukat. Sedangkan jenis makanan yang  banyak mengandung zat besi seperti daging merah, kerang-kerangan, ikan, hati, sereal yang diperkaya zat besi, kacang kedelai, kacang-kacangan, biji wijen, bayam, tahu dan kentang.
  6. Langkah keenam Minuma air putih. Banyak sekali dari kita yang jarang memperhatikan apakah komsumsi air putih kita setiap hari sudah cukup atau tidak. Dalam sehari kita membutuhkan minimal 2 liter air putih, jika kurang mengkomsumsi air putih dapat menyebabkan dehidrasi. Dan kita tahu salah satu penyebab penyakit pusing adalah dehidrasi, maka sangat dianjurkan untuk mengkomsumsi air putih minimal 2 liter setiap hari.
  7. Langkah ketujuh Menggunakan minyak Atsiri. Minyak atsiri adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak berbagai macam jenis tumbuhan yang dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. Minyak ini banyak dijual dengan berbagai jenis merek, penggunaanya biasanya dengan cara dioleskan atau dihirup. Bagian tubuh yang biasa dioleskan minyak ini adalah bagian pelipis, leher dan Filtrum. Mengenal Pulse Jantung Normal ]
  8. Langkah kedelapan Kompress Dingin. Biasanya ketika deman suhu badan akan naik dan menyebakan pusing, untuk meredakan pusing dilakukan kompress dingin di bagian dahi. Hal ini bertujuan untuk meredahkan peradangan, memperlambat konduksi saraf dan bisa membuat pembulu darah menjadi rileks.
  9. Langkah kesembilan Mengkomsumsi Teh atau Kopi. Bagi beberapa orang yang sering mengkomumsi teh dan kopi, ketika terserang pusing langkah pertama yang dilakukan adalah mengkomsumsi teh atau kopi. Mereka percaya bahwa dengan mengkomsumsinya mampu meredakan pusing. Dilihat dari segi medis ternyata teh dan kopi mengandung kafein, kafein inilah dipercaya sebagai senyawa yang mampu meredakan pusing atau sakit kepala.