Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Benda di Lingkungan Sekitar

Ciri-ciri Benda di Lingkungan Sekitar - Sebelumnya kita sudah belajar tentang Pengukuran sebagai Bagian Pengamatan, kali ini kita akan belajar Ciri-ciri Benda di Lingkungan Sekitar. Materi ini merupakan kelanjutan dari Materi IPA Kelas 7 Semester 1.

Di lingkungan sekitar terdapat banyak sekali benda. Mobil, motor, sepeda, sepatu, pensil, udara, papan tulis merupakan bentuk benda. Setiap jenis benda mempunyai sifat atau ciri yang membedakannya dari jenis benda lain. 

Ciri-ciri Benda di Lingkungan Sekitar

Ciri-ciri Benda di Lingkungan Sekitar

Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan kelompok makhluk hidup. Makhluk hidup dan benda tak hidup atau benda mati dibedakan dengan adanya gejala kehidupan. Makhluk hidup menunjukkan adanya ciri-ciri atau gejala-gejala kehidupan, sedangkan benda mati tidak menunjukkan gejala-gejala kehidupan.

Ciri-ciri Benda Tak Hidup

Benda tak hidup adalah benda yang tidak mempunyai sifat-sifat kehidupan. Benda tak hidup merupakan substansi yang tidak menjalankan proses kehidupan. Ciri-ciri Benda tak hidup tentunya berlawanan dengan benda makhluk hidup. Ciri-ciri Benda tak hidup, yaitu:

  1. Tidak dapat bergerak
  2. Tidak mengadakan metabolisme
  3. Tidak mempertahankan jenisnya
  4. Tidak ada tanggapan terhadap rangsang

Ciri-ciri Benda Hidup

Suatu benda dapat dikatakan hidup jika memiliki ciri-ciri kehidupan yang dapat membedakannya dengan benda tak hidup. Ciri-ciri makhluk hidup, yaitu:

  1. Bergerak
  2. Bernapas
  3. Memerlukan makan
  4. Tumbuh dan berkembang
  5. Berkembang biak
  6. Peka terhadap rangsang (iritabilitas)
  7. Memerlukan zat sisa
  8. Beradaptasi

Perbedaan Benda Tak Hidup dan Benda Tak Hidup

Benda hidup atau organisme berkembang biak dan menerima rangsangan. Tumbuh dan bergerak bukan keriteria ilmiah untuk membedakan makhluk hidup dari benda tak hidup. Hewan dan tumbuhan merupakan makhluk hidup, makhluk hidup memerlukan makan dan minuman. Tanpa makanan dan minuman makhluk hidup akan mati.

Adapun benda tak hidup merupakan benda yang tidak pernah mengalami proses hidup. Benda tak hidup tidak memerlukan makan dan minum. Benda tak hidup tidak bernapas, bergerak, dan berkembang biak.