Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis - Dalam Kitab Fiqh Islam wa Adillatuhu dijelaskan bahwa semua ulama sepakat bahwa tempatnya niat adalah di dalam hati. Melafadzkan niat dengan lisan bukanlah persyaratan niat, tetapi jumhur ulama berpendapat bahwa hukumnya adalah sunnah dengan tujuan membantu hati dalam menghadirkan niat saat puasa.

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis

Adapun pendapat sebagian pengikut Ibnu Taimiyah, Imam Malik dan Imam Ahmad menyatakan bahwa tidak perlu melafadzkan niat puasa Senin Kamis.

Sebagai pengikut madzhab Imam Syafi'i yang disunatkan melafadzkannya, tentu menghargai sahabat yang bependapat bahwa niat itu tidak perlu diucapkan dengan alasan bahwa niat adalah amalan hati. Silahkan saja, sebab masing-masing punya dalil, yang penting jangan menyalahkan dan merasa paling benar.

Kita ambil kesamaanya bahwa niat adalah bermaksud melakukan sesuatu dan bertekad untuk melakukannya. Niat adalah motivasi atau tujuan di balik suatu tindakan. Nabi bersabda, niat adalah untuk menentukan ada tidaknya pahala dari suatu tindakan.

Jika niatnya adalah karena Allah, maka pahalanya adalah dari Allah. Jika niatnya bukan karena Allah, atau disertai dengan motif lain, maka Allah tidak akan menerima praktik dia sebagai ibadah.

Berikut ini adalah niat puasa Senin dan Kamis. Lafadz niat puasa Senin adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْم اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA YAUMIL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TA'AALAA

"Saya berniat melakukan puasa hari Senin, sunnah karena Allah Taala"

Lafadz niat puasa Kamis adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْم اْلخَمِيْسِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA YAUMIL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TA'AALAA

"Saya berniat melakukan puasa hari Kamis, sunnah karena Allah Taala."

Jadi dalam niat puasa di atas, dapat disimpulkan terdapat 3 point penting yakni :

  • berniat akan puasa
  • menentukan jenis puasanya (Senin atau Kamis)
  • menyebut puasa yang akan dilakukan

Jika Anda tidak hafal dengan lafadz niat tersebut, maka tidaklah salah berniat dengan menggunakan bahasanya masing-masing, jikalau mau dilafadzkan.

Hukum Puasa Senin Kamis

Kita tahu bahwa puasa Senin Kamis ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah dan sunat hukumnya. Bagi yang menjalankannya tentu akan mendapat pahala, bahkan puasa pada hari Senin Kamis ini lebih disukai dibandingkan dengan jenis puasa sunnah lainnya.

Selain mendapatkan pahala, puasa pada hari Senin Kamis juga dapat membantu memenuhi atau mendongkrak permintaan kita kepada Allah seperti yang telah Saya jelaskan di atas disamping tentunya manfaat dari segi kesehatan.

Bagi orang Indonesia yang mayoritas beragama Islam, tentunya sudah pada akrab dengan puasa Senin Kamis ini. Puasa Senin Kamis juga sering disertakan sebagai puasa pengganti untuk bulan Ramadhan bagi wanita yang tidak dapat puasa.

Meski begitu, banyak juga orang yang lebih suka menggunakannya sebagai puasa sunnah Senin Kamis, tanpa digabung dengan puasa ganti Ramadhan karena memang puasa ini merypakan salah satu puasa sunah yang direkomendasikan Nabi, yang beliau sendiri secara teratur melakukan ibadah tersebut dan paling banyak melakukan puasa tersebut.

Keistimewaan Puasa Senin Kamis

Mengapa kita dianjurkan berpuasa pada hari Senin dan Kamis ? Sebagian ulama berpendapat, bahwa hari Senin itu sangat istimewa karena hari itu adalah hari kelahiran Nabi Muhammad. Sebagaimana dicatat dalam sejarah bahwa Nabi dilahirkan di Mekah pada hari Senin, tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah.

Pada hari kelahiran Nabi Muhammad, banyak peristiwa besar terjadi yang menunjukkan bahwa utusan Allah SWT yang paling mulia telah lahir ke dunia. Selain hari kelahiran, Nabi Muhammad pun dilantik sebagai Rasul serta mendapat wahyu pertama kali pada hari Senin.

Lalu bagaimana dengan hari Kamis? Apa dan mengapa Kamis begitu istimewa sehingga kita dianjurkan berpuasa pada hari itu?

Kamis dan Senin adalah hari-hari ketika amal ibadah mingguan kita dilaporkan. Senin dan Kamis juga merupakan hari-hari gerbang Surga dibuka.

Keuntungan lain dari hari Kamis adalah bahwa pada hari itu Nabi Muhammad sering bepergian. Di antaranya, Nabi pergi pada hari Kamis di pertempuran Tabuk dan dia suka pergi (bepergian) pada hari Kamis.

Dalam sebuah narasi Sakhar bin Wida'ah dikatakan bahwa dia mendapat banyak keberuntungan dalam perdagangan pada hari Kamis. Hal itu terjadi karena dia mengikuti nasihat Nabi Muhammad.

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Prosedur atau tata cara puasa pada hari Senin Kamis, tidaklah berbeda dengan puasa pada umumnya, baik itu puasa Ramadhan maupun puasa sunnah lainnya. Cara yang harus Anda lakukan antara lain :

1. Niat Puasa Senin Kamis

Pada Bulan Ramadhan, niat puasa harus dilakukan sebelum subuh atau sebelum terbit fajar. Begitu pun puasa Senin Kamis, sebaiknya niatnya dilakukan pada malam hari. Namun, karena puasa Senin Kamis hukumnya sunnah, maka jika Anda lupa, maka Anda dapat melakukan niat di pagi hari walaupun sudah terbit matahari, asalkan Anda belum makan apa pun dan tidak melakukan apa pun yang bisa membatalkan puasa.

2. Sahur

Makan sahur adalah salah satu sunnah puasa yang jika dilakukan akan mendapat pahala, tetapi jika tidak dilakukan tidak sampai berdosa. Usahakan melakukan makan sahur agar tubuh Anda tetap terjaga dan masih bertenaga untuk melakukan berbagai kegiatan walaupun sedang puasa.

Disunatkan makan sahur di akhir malam menjelang terbitnya fajar subuh, agar tenaga atau kalori dari makanan bisa awet bertahan lama selama melakukan aktifitas di siang hari dan Anda tidak cepat lapar.

Coba bayangkan jika Anda makan sahur jam 2, tentunya ada sebagian kalori yang terpakai sebelum siang dan Anda pun akan cepat lapar.

Menurut hadits, waktu makan sahur adalah sekitar lamanya bacaan panjang 10 ayat Al Quran. Jadi jika kita ingin sahur, maka jangan terburu-buru, lakukan dengan tenang sekitar setengah jam sebelum subuh. Lalu bagaimana kalau kesiangan ? Tentu saja puasa Senin Kamis tetap disunatkan walaupun tanpa sahur, sebab sahur tidaklah wajib.

3. Menahan diri dari yang membatalkan puasa

Sama halnya dengan puasa Ramadhan, maka pada saat puasa Senin Kamis pun kita perlu menahan diri dari semua hawa nafsu seperti makan, minum, berhubungan dengan suami dan istri serta hal lain lain yang membatalkan puasa, mulai dari subuh hingga matahari terbenam.

4. Buka puasa

Segeralah berbuka puasa ketika saatnya tiba yakni terbenamnya matahari atau waktu adzan shalat maghrib tiba. Buka puasa ini termasuk salah satu sunnah puasa, jadi jangan sampai dilewatkan, meskipun tubuh Anda mampu berpuasa lebih dari waktu yang ditentukan, walaupun hanya dengan segelas air.

Disunatkan berbuka dengan yang manis-manis. Dalam hal ini Rasul mencontohkan berbuka dengan kurma. Jika tidak ada, apa sajalah yang penting manis dan baik.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Beberapa keutamaan yang didapat jika kita selalu rutin melakukan puasa Senin Kamis antara lain :

1. Dijamin masuk Surga

Dijelaskan bahwa di Surga ada sebuah pintu yang disebut "Ar-Rayyan" dan akan dibuka dan hanya dapat dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa. Jadi tidak akan masuk ke pintu tersebut, kecuali mereka yang rajin berpuasa. Bahkan Surga itu sangat rindu dengan orang-orang yang berpuasa.

2. Terpelihara dari api neraka

Jika dijamin masuk Surga, secara otomatis akan terpelihara dari panasnya api neraka. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa seorang hamba yang berpuasa satu hari, maka Allah akan menjauhkan wajahnya dari neraka selama 70 tahun atau 100 tahun atau sejauh antara bumi dan langit. Niat Sholat Tahajud ]

3. Diberi pahala khusus

Puasa itu berbeda pahalanya. Jika terkadang kita bisa tahu berapa pahala yang diberikan oleh Allah jika melakukan amal tertentu, maka tidak dengan puasa. Sebab Allah berfirman bahwa puasa itu untuk-Nya dan Dia sendiri yang langsung memberkan pahalanya.

Dengan demikian dapat diartikan bahwa amalan puasa ini punya keistimewaan dalam hal pahala. Mungkin saking besarnya atau saking specialnya sehingga Allah sendiri yang akan lengsung ngasih kadonya buat kita.

4. Sebagai syafaat di akhirat

Artinya, puasa Senin Kamis yang selalu dijalankan akan menjadi penolong di Hari Akhir kelak disamping Al Quran yang selalu dibaca.

5. Doa cepat terkabul

Puasa bisa dijadikan sarana sebagai penggeark doa agar lebih cepat masuk ke langit dan dikabulkan oleh Allah. Jadi sekarang terjawablah sudah bahwa memang puasa Senin Kamis bisa dipakai washilah untuk meminta sesuatu permohonan.

Lalu kapan kita memohon agar permintaan kita dikabulkan ? Jawabannya adalah saat kita berbuka, sebab Allah tidak akan menolak doa orang yang meminta saat berbuka puasa.

Oleh karena itu, orang yang berpuasa Senin Kamis dan merutinkannya, ia akan memiliki banyak momentum untuk berdoa dan doa itu pasti dikabulkan. Bandingkan dengan orang yang tidak rutin berpuasa Senin Kamis. Tentu akan ada sedikit momentum yang bisa membawa doanya dikabulkan oleh Allah SWT.

Rasulallah memberi kita kebebasan bagi kita untuk berdoa sesuai dengan niat kita. Baca doa sesuai dengan apa yang kita inginkan setiap kesempatan berbuka. Tetapi setelah makan makanan atau minuman untuk pertama kalinya, Rasulallah mengajar membaca doa yang umum sering kita baca. Barulah dilanjutkan dengan doa hajat kita.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Tercatat ada beberapa manfaat yang diperoleh jika kita selalu merutinkan puasa Senin Kamis, diantaranya yaitu :

1. Melatih kedisiplinan

Puasa Senin Kamis juga memberikan pembelajaran tentang disiplin. Jika Anda ingin belajar disiplin sejati, maka belajarlah dari puasa. Karena, dalam puasa kita akan dapat mendisiplinkan semua elemen dalam kehidupan ini, baik jasmani maupun rohani.

Berpuasa mengajarkan kita disiplin waktu, disiplin untuk sahura dan berbuka puasa, disiplin sholat lima waktu sehari, dan disiplin dalam melakukan hal-hal yang bermakna. 

2. Membuat fisik sehat

Dengan berpuasa, tubuh kita akan secara otomatis melakukan detoksifikasi mulai dari sistem limfatik, hati, ginjal, dan semua organ tubuh akan melakukan pembersihan. Dengan puasa yang rajin, maka kita akan cenderung terhindar dari penyakit.

3. Meremajakan sel-sel kulit

Sel kulit manusia yang mati perlu diganti atau dengan kata lain diremajakan. Sobat nggak usah mencari produk atau barang tertentu yang mesti diminum atau dipakai. Sobat cuman perlu melaksanakan puasa Senin Kamis secara teratur.

4. Mengencangkan kulit

Mungkin Anda tidak percaya ada hubungan antara puasa Senin Kamis dengan pengencangan kulit. Seperti halnya peremajaan kulit, saat Anda berpuasa, proses metabolisme  di dalam tubuh juga beristirahat sehari penuh sehingga membuat sel-sel di tubuh bekerja lebih optimal.

5. Menghilangkan racun dalam tubuh

Tanpa riset dari para ilmuwan, Anda akan dapat berpikir secara logis, jika puasa Senin Kamis pun dapat melepaskan racun dalam tubuh. Racun itu bercampur dengan lemak, darah, atau bagian lain. Racun ini berasal dari kuliner dan minuman yang kita konsumsi setiap hari.

Misalnya, pada sayuran atau beras, ada pupuk kimia yang digunakan dalam proses penanaman. Atau dalam pertumbuhannya, pestisida atau insektisida disemprotkan pada tanaman yang biasanya digunakan petani untuk membasmi berbagai jenis hama.

Saat memasak, biasanya ibu rumah tangga juga menggunakan berbagai bumbu, salah satunya menggunakan bumbu dari bahan kimia seperti MSG, saus, dan perasa lainnya. Bahkan minyak goreng yang digunakan yang berulang kali juga dapat memicu munculnya beberapa penyakit, karena kandungan lemak transnya semakin meningkat.

Sedangkan untuk makanan yang dipanggang, seperti ayam, jagung, atau semua jenis makanan panggang lainnya, dapat menyebabkan berbagai penyakit karena kandungan karsinogen yang tinggi ditemukan dalam asap pembakaran.

Untuk mengeluarkannya, bukan hanya dengan berolahraga. Namun, Anda harus berhenti mengonsumsi kuliner dan minuman tersebut selama setidaknya satu hari yakni dengan puasa. Pengeluarannya bisa melalui keringat, urin, atau saat Anda buang air besar.

Dengan berpuasa Senin Kamis, maka dipercaya bisa menghilangkan racun yang sudah mengendap di dalam tubuh secara efektif. Jika racunnya keluar, maka tubuh Anda akan terasa lebih sehat dan bugar.

6. Mengistirahatkan organ pencernaan

Organ pencernaan dalam tubuh yang Anda miliki ibarat mesin kendaraan. Tidak mungkin bagi mesin untuk dapat bekerja secara terus menerus. Alasannya adalah bahwa hal itu hanya akan merusak satu atau lebih suku cadang atau bagian dari mesin.

Untuk alasan ini, maka mesin kendaraan bermotor juga perlu istirahat, sehingga komponen di dalamnya tidak cepat rusak. Selain itu, juga membutuhkan perawatan rutin.

Begitu juga organ-organ pencernaan dalam tubuh Anda, perlu istirahat yakni tidak bekerja setidaknya satu hari hingga dua hari seminggu. Hal ini berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi organ pencernaan, menghilangkan racun di organ pencernaan, dan sebagai pengobatan rutin agar organ pencernaan Anda tidak cepat rusak bagi.

Hanya satu metode paling efektif yang bisa Sobat coba agar organ pencernaan Sobat beristirahat yakni dengan melakukan puasa hari Senin Kamis.

7. Mengurangi lemak tubuh

Salah satu senyawa yang diperlukan tubuh kita adalah lemak. Tetapi kalau Sobat mempunyai lemak yang tinggi di tubuh, maka hal itu hanya akan membuat penyakit. Karena alasan inilah, maka lemak yang berlebih di tubuh Anda harus dihilangkan.

Ada tiga cara yang sangat efektif yang dapat Anda lakukan segera, yaitu berolahraga secara teratur, menerapkan diet sehat, dan puasa pada hari Senin Kamis. Ketiga metode ini jika dilakukan dengan benar, dijamin akan mengurangi kadar lemak dalam tubuh Anda. Tubuh Anda akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.

8. Mempercantik wanita secara alami

Dengan puasa Senin Kamis, sel-sel tubuh akan menjalani reorganisasi atau penggantian secara reguler. Inilah yang menyebabkan sel-sel di tubuh Anda selalu mengalami peremajaan. Dengan begitu, organ internal dan eksternal Anda akan menjadi lebih sehat dan segar.

Misalnya, pada organ kulit yang sel-sel kulitnya diremajakan, maka akan membuat kulit wajah lebih bersih, lebih segar, dan terlihat cantik. Bagi Anda wanita yang ingin terlihat baik dan selalu terlihat muda, tidak ada salahnya mencoba melakukan puasa pada hari Senin Kamis.

9. Menenangkan jiwa dan perasaan

Orang yang terbiasa melakukan puasa pada hari Senin Kamis, biasanya dapat lebih mengontrol pikiran dan perasaan mereka. Misalnya, dengan puasa Senin Kamis, orang dapat lebih sabar, mengendalikan hawa nafsu dan pikiran kotor atau negatif.

Dengan mengontrol pikiran, akan menghasilkan ketenangan pikiran. Bagi Anda yang selalu dihantui oleh ketakutan, stres, depresi, atau mengarah ke gangguan kejiwaan. Cobalah berlatih puasa Senin Kamis sehingga pikiran dan jiwa Anda lebih tenang dan terkendali.

10. Mampu mengendalikan nafsu

Orang yang sering melakukan puasa Senin Kamis akan lebih mampu mengendalikan nafsu syahwatnya yang selalu menyala di hati dan pikirannya. Contoh yang logis adalah anak laki-laki atau perempuan yang selalu merasa kesepian dan selalu membayangkan berduaan dengan lawan jenis.

Setiap orang normal pasti berharap seperti itu. Namun, gairah tersebut harus selalu dikontrol, sehingga tidak menghasilkan dampak negatif pada orang yang bersangkutan. Salah satu cara paling efektif untuk mengendalikan nafsu adalah dengan melaksanakan puasa pada hari Senin Kamis.

11. Lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya

Ketika Anda melakukan puasa pada hari Senin Kamis, Anda pasti akan merasa sangat lapar dan haus. Perasaan serupa dirasakan oleh banyak orang miskin dan tidak mampu. Untuk dapat mengisi perut mereka untuk bertahan hidup, sampai-sampai mereka meminta makanan atau mengambil sisa makanan dari tumpukan sampah.

Namun, Anda tentu lebih beruntung tidak mengalaminya. Untuk alasan ini, orang yang biasanya berpuasa pada hari Senin Kamis akan lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya. Perasaan ini menjadi lebih besar ketika orang yang berpuasa mengalami rasa lapar dan haus, mirip dengan yang dirasakan oleh orang miskin.

12. Meningkatnya amal

Orang yang terbiasa puasa Senin Kamis akan semakin meningkatkan praktik amaliahnya. Misalnya, melakukan bantuan kepada orang miskin, orang yang tidak mampu, atau anak yatim yang belum dewasa.

Orang tersebut yakin bahwa dengan banyaknya ibada sunat yang menyertai puasa pada hari Senin Kamis, maka akan mendapat banyak pahala yang berlipat ganda.

13. Terhindar dari godaan setan

Puasa memberikan ilustrasi bahwa dengan melaksanakan ibadah tersebut, jalan syeitan untuk mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat. Karena itu, puasa Senin Kamis dapat meminimalisir tindakan tidak bermoral dan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

14. Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur

Puasa dapat melembutkan hati kita dan juga meningkatkan rasa terima kasih kita kepada Allah SWT.