Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Ciri-ciri Makhluk Hidup - Secara umum ciri-ciri makhluk hidup terdiri dari bergerak, peka terhadap rangsang (iritabilitas), memerlukan makan (nutrisi), bernafas (respirasi), tumbuh dan berkembang, berkembangbiak (bereproduksi), beradaptasi, regulasi, dan ekskresi.

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Untuk lebih jelasnya dari beberapa ciri-ciri yang dimiliki, berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh Makhluk Hidup secara umum:

1 . Bergerak

Bergerak adalah merupakan perubahan posisi, baik seluruh tubuh atau sebagian. Hal ini disebabkan oleh adanya tanggapan terhadap rangsang.

2 . Peka Terhadap Rangsang (iritabilitas)

Tumbuhan, hewan dan manusia mempunyai kepekaan terhadap rangsang. Hal ini dapat ditunjukkan sebagai berikut:

  • Pada tumbuhan, daun putri malu bila diberi rangsang sentuhan akan menanggapi rangsang dengan menutup daunnya.
  • Pada hewan, ayam ketika fajar menyingsing akan berkokok.
  • Manusia jika diberi bau yang merangsang akan menanggapirangsang, misalnya bersin.

3 . Memerlukan Makan (nutrisi)

Setiap makhluk hidup memerlukan makanan. Hal ini  bertujuan agar dapat mempertahankan hidup, menghasilkan energi, dan pertumbuhan.

4 . Bernafas (respirasi)

Bernafas yaitu pengambilan oksigen untuk oksidasi makanan, sehingga memperoleh energi dan mengeluarkan karbondioksida sebagai zat sisa.

5 . Tumbuh dan Berkembang

Tumbuh adalah bertambahnya volume atau ukuran makhluk hidup yang irreversible. Berkembang adalah proses menuju kedewasaan yang dipengaruhi oleh hormon, nutrisi dan lingkungan.

6 . Berkembangbiak (bereproduksi)

Berkembangbiak adalah memperbanyak diri untuk mempertahankan kelestarian jenisnya. Cara  berkembangbiak sebagai berikut :

  • Secara kawin/generatif, yaitu perkembangbiakan yang melibatkansel telur dan sel sperma.
  • Secara tak kawin/vegetatif, yaitu perkembangbiakan yang tidakmelibatkan sel telur dan sel sperma, melainkan melibatkan sel tubuh.

7 . Beradaptasi

Beradaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan untuk mempertahankan diri. Yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.

8 . Regulasi

Regulasi adalah proses pengaturan keserasian di dalam tubuh organisme yang diatur oleh syaraf dan hormon.

9 . Ekskresi

Ekskresi adalah proses pengeluaran sisa-sisa metabolisme tubuh. Dalam proses oksidasi makanan selain menghasilkan energi, tubuh organisme juga menghasilkan zat sisa yang harus dikeluarkan dari tubuh.

Baca juga materi biologi lainnya tentang Keanekaragaman dan Klasifikasi Makhluk Hidup.