Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay Pewarisan Sifat Makhluk Hidup

Soal Essay Pewarisan Sifat Makhluk Hidup - Bagi anda yang sementara duduk di bangku kelas 9 dan ingin mencoba untuk mengetes pemahaman dalam materi Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup. Berikut admin bagikan 15 Soal Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup dalam bentuk pilihan essay.

Soal Essay Pewarisan Sifat Makhluk Hidup

Soal Essay Pewarisan Sifat Makhluk Hidup

1. Apa yang dimaksud dengan homozigot ?

Jawaban:

Homozigot adalah kebalikan dari heterozigot, yakni pasangan gen yang bersifat sama.

2. Jelaskan tentang pewarisan sifat atau hereditas !

Jawaban:

Pewarisan sifat atau hereditas merupakan penurunan sifat dari induk (orang tua) kepada keturunannya (anak). Ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat ini disebut genetika. Sifat-sifat suatu makhluk hidup diwariskan melalui sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Bagian sel yang bertanggung jawab terhadap penurunan sifat ini terdapat di bagian inti sel (nukleus). Di dalam inti sel terdapat kromosom. Kromosom merupakan benang-benang halus yang berfungsi sebagai faktor pembawa sifat keturunan. Di dalam kromosom terdapat substansi pembawa sifat keturunan yang terdiri atas senyawa kimia yang disebut gen. Gen berfungsi sebagai penentu sifat-sifat suatu makhluk hidup. Kromosom dan gen inilah yang mengendalikan pewarisan sifat pada makhluk hidup.

3. Apa yang dimaksud dengan kromosom ?

Jawaban:

Kromosom adalah materi genetik yang berupa benang-benang halus (kromatin) yang berfungsi sebagai pembawa informasi genetik kepada keturunannya. Setiap inti sel suatu makhluk hidup memiliki dua jenis kromosom yaitu kromosom tubuh (autosom) dan kromosom kelamin (gonosom).

4. Tuliskan fungsi kromosom tubuh !

Jawaban:

Kromosom tubuh berfungsi untuk menentukan sifat-sifat tubuh suatu organisme. Kromosom tubuh dilambangkan dengan A yang berasal dari kata autosom yang terdiri dari 22 pasang atau berjumlah 44 buah. Autosom terletak pada sel tubuh dan berpasangan sehingga disebut kromosom diploid (ditulis dengan 2n).

5. Tuliskan fungsi kromosom kelamin (gonosom)!

Jawaban:

Kromosom k3lamin (gonosom) berfungsi untuk menentukan jenis kelamin suatu organisme. Gonosom berjumlah 1 pasang atau 2 buah, gonosom pada laki-laki dilambangkan dengan XY dan pada perempuan dilambangkan dengan XX. Gonosom terletak pada sel kel3min dan tidak berpasangan sehingga disebut kromosom haploid (ditulis dengan n).

6. Apa yang dimaksud dengan fenoptipe ?

Jawaban:

Fenoptipe adalah sifat dalam individu yang bisa dilihat dengan pengelihatan. Contohnya disini ialah warna rambut, warna bunga di tanaman, tinggi dan juga pendek, warna kulit dan ukuran buah.

7. Jelaskan tentang resesif !

Jawaban:

Resesif adalah kebalikan dari dominan. Resesif ialah sifat yang dipunya suatu individu, namun tidak terlihat dari keturunannya, hal ini disebabkan sifat tersebut kalah dengan sifat pada individu lain sebab dari persilangan.

8. Jelaskan tentang gen !

Jawaban:

Komposisi dan susunan gen-gen di dalam tubuh makhluk hidup disebut genotipe. Genotipe setiap makhluk hidup berbeda-beda yang dapat menentukan sifat-sifat suatu makhluk hidup tersebut. Pada dasarnya, genotipe adalah sifat pada makhkuk hidup yang tidak terlihat. Genotipe inilah yang nantinya akan memunculkan sifat fenotipe. Fenotipe adalah sifat pada makhluk hidup yang dapat terlihat. Sifat fenotipe merupakan perpaduan antara sifat genotipe dan lingkungannya.

9. Apa yang dimaksud dengan hibrid ?

Jawaban :

Hibrid adalah hasil persilangan antara dua individu yang berbeda dan hasil akhirnya akan mempunyai sifat yang hampir serupa/ sama dengan induknya serta setiap hibrid dapat memiliki sifat yang sama pada hibrid lain dan ketentuan spesiesnya adalah sama.

10. Apa yang dimaksud dengan genotipe ?

Jawaban :

Genotipe adalah sifat mendasar yang dipunya setiap individu, yang mana genotipe ini tidak nampak dan bersifat tetap (tidak bisa dirubah). Secara umum, sifat genotip bisa dituliskan menggunakan simbol, yang mana setiap simbol dapat mewakili 1 sifat genotipe. Satu pasang genotipe pada umumnya memiliki sifat yang dominan dan resesif. Contohnya ialah sifat kulit putih yang dominan terhadap kulit hitam, jadi kulit putih bisa ditulis menjadi PP maupun Pp, sementara kulit hitam ditulis pp.

11. Jelaskan tentang dominan !

Jawaban :

Dominan adalah sifat yang dipunyai oleh individu yang sifatnya menutupi dan disimbolkan menggunakan huruf besar. Contohnya ialah sifat pada tanaman bunga mawar merah lebih cenderung dominan dibanding mawar putih, jadi mawar merah tersebut ditulis MM dan juga mawar putih mm.

12. Apa yang dimaksud dengan intermediet ?

Jawaban :

Intermediet adalah sifat yang dipunya oleh individu yang dihasilkan pada penggabungan antara sifat berbeda. Biasanya hal tersebut sering ditemukan pada persilangan tumbuhan.

13. Apa yang dimaksud dengan heterozigot ?

Jawaban :

Heterozigot ialah pasangan gen yang bersifat berbeda

14. Buah A memiliki genotip BB dengan bentuk buah bulat, sementara buah B memiliki genotip bb dengan bentuk buah lonjong.

Apabila kedua buah tersebut disilangkan, tentukanlah kombinasi gen antara buah A dan buah B menggunakan tabel Punnet!

Apabila gen B dominan terhadap gen b, maka tentukan fenotip dari hasil kombinasi gen yang kamu lakukan!

Jawaban :

Diketahui:

Genotip buah A = BB

Fenotip buah A = Buah bulat

Genotip buah B = bb

Fenotip buah B = Buah lonjong

Gen B dominan dan gen b resesif

Ditanyakan:

Kombinsi gen antara buah A dan buah B menggunakan tabel Punnet = …?

Fenotip hasil kombinasi buah A dan buah B = …?

Penyelesain :

P1 = BB >< bb

Gamet = B >< b

Kombinasi gen antara buah A dan buah B menggunakan tabel Punnet yaitu:

Soal Pewarisan Sifat Makhluk Hidup

Fenotip = Buah bulat

15. Seorang perempuan dengan genotip XhX pembawa sifat hemofili, menikah dengan seorang laki-laki hemofili dengan genotip XhY. Tentukan jumlah anak yang hidup dan anak yang mati!

Diketahui:

Genotip perempuan = XhX

Fenotip perempuan = Pembawa sifat hemofilia

Genotip laki-laki = XhY

Fenotip laki – laki = Hemofilia

Ditanyakan: jumlah anak yang hidup dan anak yang mati!

Penyelsaian :

P1 = XhX >< XhY

Gamet = Xh, X >< Xh, Y

Essay Pewarisan Sifat Makhluk Hidup

Genotip dan Fenotipe:

XhXh = Perempuan hemofilia (akan langsung meninggal pada saat dilahirkan).

XhX = Perempuan pembawa hemofilia (hidup)

XhY = Laki – laki hemofilia (hidup)

XY = Laki – laki normal (hidup)

Jadi, jumlah anak yang hidup sebanyak 3 dan anak yang mati berjumlah 1.