Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Umpan Ikan Nila yang Ampuh

Cara Membuat Umpan Ikan Nila yang Ampuh - Mengolah umpan ikan nila harus dimiliki setiap orang yang memiliki hobi memancing. Setidaknya ada 8 Cara Membuat Umpan Ikan Nila yang Ampuh racikan sendiri murah dan paling jitu.

Cara Membuat Umpan Ikan Nila yang Ampuh

Cara Membuat Umpan Ikan Nila yang Ampuh

Ikan Nila, menjadi satu spesies yang hanya memakan umpan tertentu. Tidak semua umpan akan memikat ikan nila menyambar kail pancing Anda.

Artikel berikut, akan menginformasikan Anda bagaimana membuat umpan ikan nila racikan sendiri murah dan paling jitu.

1. Lumut

Lumut, jadi salah satu mmpan ikan nila racikan sendiri murah dan paling jitu/Foto: Istimewa 

Lumut menjadi salah satu umpan ikan nila yang mudah ditemukan. Habitat lumut dimaksud bisanya tumbuh di area persawahan dan parit kecil dengan air jernih.

Perlu Anda ketahui, tekstur lumut ini lembut dan berwarna hijau cerah. Warha yang cerah tersebut menjadi daya tarik bagi ikan Nila.

Sebelum digunakan, sebaiknya Anda mencuci lumut dari lumpur atau kotoran lain. Setelah bersih, lumut tersebut dicampurkan dengan essence dan garam. Rendam selama kurang lebih 30 menit sebelum umpan ikan nila ini Anda gunakan.

2. Cacing

Cacing sudah sangat terkenal di kalangan pemancing. Selain mudah didapat, cacing juga bisa langsung digunakan sebagai umpan alias tidak perlu diolah.

Ikan Nila sangat menggemari cacing sebagai bahan makanannya. Cacing yang menjadi umpan ikan nila murah dan paling jitu adalah jenis cacing sawah dan cacing tanah.

Selain Ikan Nila, cacing bahkan bisa dijadikan umpan bagi ikan lainnya.

3. Kroto

Umpan satu ini merupakan telur semut merah (Rangrang) yang bersarang di pohon besar. Namun Anda bisa membeli di toko yang menjual pakan burung atau ayam.

Agar lebih mudah menempel di kail pancing, getah nangka bisa Anda gunakan. Selain itu, kroto tidak mudah terlepas dari kail saat dilempar ke air. Cara Mancing Kakap Putih di Siang Hari ]

Biasanya para pemancing terbiasa membeli kroto ketimbang mencari langsung di alam.

4. Usus

Selain tiga umpan di atas, menggaet ikan nila bisa juga menggunakan usus ayam. Sebagian pemancing menggunakan usus ayam untuk memancing Ikan Nila di alam liar.

Sebelum dijadikan umpan, bersihkan usus ayam. Kemudian direbus hingga matang dan simpan di wadah tertutup kurang lebih selama dua hari.

Setelah tercium sedikit aroma busuk, usus tersebut bisa dijadikan umpan nila yang jitu.

5. Pelet

Jenis umpan yang berbahan utama pelet ini juga digemari sebagian ikan, termasuk nila. Olahan berbahan utama pelet mampu memikat berbagai jenis ikan.

Tentu bukan sekadar pelet yang Anda gunakan ketika menjadi umpan ikan nila. Anda harus mencampurkan pelet dengan bahan lainnya.

Selain pelat, siapkan pula air panas dan essence atau pewangi makanan. Air panas untuk mencampurkan pelet agar bergumpal menjadi satu. Sementara, essence menjadikan pelet tersebut memiliki aroma sehingga menarik perhatian nila untuk memakannya.

6. Mie

Sekilas terasa aneh menjadikan mie instan sebagai umpan ikan nila. Faktanya, sebagian pemancing menggunakan mie instan sebagai umpan yang jitu.

Penggunaan mie instan menjadi salah satu alternatif saat umpan utama habis. Sementara, ikan nila di spot Anda memancing sedang ganas menyantap umpan.

Rendam mie instan dengan air panas agar lunak dan mengembang. Kemudian, Anda bisa mencampurkannya dengan kuning telur agar mie tersebut beraroma amis. Kaitkan mie tersebut ke kail, dan siap dijadikan umpan jitu.

7. Adonan

Bukan hanya lumut, kroto dan cacing atau umpan siap pakai lainnya yang bisa memikat ikan nila. Anda juga bisa menggunakan umpan ikan nila berupa adonan yang juga dikenal jitu. 

Anda bisa menyiapkan pelet 781-2 SP dan pelet PF-1000 secukupnya, roti, kuning telur, 2 sendok madu, serta air bersih.

Satu bahan-bahan tersebut ke dalam wadah. Aduk hingga merata dan sesekali masukan air sesuai kebutuhan. Anda harus memastikan bahan tersebut menjadi adonan yang kenyal agar tidak terlepas saat dikaitkan ke kail pancing.

8. Racikan Ikan

Ikan nila ternyata juga menyukai umpan yang berbahan utama daging ikan. Namun ikan yang Anda gunakan tidak bisa sembarang.

Untuk membuat racikan tersebut, Anda harus menyiapkan satu ekor ikan kembung, 5 butir telur, 250 gram tepung tapioka, 500 gram tepung roti, 1 kg udang rebon dan essence atau pewangi secukupnya.

Caranya, rebus ikan kembung hingga matang. Campurkan tepung roti dan tepung tapioka, telur, essence dan aduk hingga. Kemudian campur udang rebon yang sudah halus dan kukus racikan tersebut.

Anda bisa mencoba ke-8 jenis umpan ikan nila racikan sendiri murah dan paling jitu  di atas. Kesempatan Anda mendapat ikan nila yang banyak terbuka lebar.

Sehingga waktu memancing sekaligus hobi menjadi momentum yang sangat menyenangkan dan menyegarkan pikiran Anda.