Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Bawal Siang Hari

Umpan Ikan Bawal Siang Hari - Ikan bawal merupakan jenis ikan yang cukup sulit untuk dipancing apabila jika mendapati ikan bawal yang ukurannya besar karena gerakannya yang sangat gesit di dalam air. Umpan ikan bawal siang hari yang paling memikat adalah menggunakan umpan hidup yang masih segar. 

Umpan Ikan Bawal Siang Hari

Umpan Ikan Bawal Siang Hari

Umpan seperti cacing , keong, anak ikan mas, katak kecil, belalang, dan jangkrik usahakan untuk tetap hidup karena umpan hidup sangat memikat kehadiran ikan bawal. Ikan bawal sangat jarang memakan umpan yang sudah mati karena aromanya yang busuk dan tidak menarik ikan bawal itu sendiri. bila anda menggunakan umpan hidup maka usahakan tetap hidup dan segar seperti halnya cacing, cacing akan tetap segar bila di letakkan di ember kecil dan di beri sedikit air dengan menutup ember dengan plastic dan di berikan lubang lubang kecil sebagai jalus masuknya oksigen supaya cacing tetap bernafas dan tidak mati.

Selain umpan ikan bawal siang di atas juga ada umpan yang paling manjur untuk mancing ikan bawal yaitu menggunakan daging ikan salmon. Ternyata ikan bawal adalah tipe ikan omnivore yaitu doyan sayur dan daging. Menggunakan daging ikan salmon akan memunculkan aroma amis yang khas untuk memikat kehadiran ikan bawal. Dan salmon adalah satu satunya umpan mati yang di sukai oleh ikan bawal.

Umpan alami menyerupai cacing dan ulat daun pisang juga di sarankan untuk dicoba. Ikan bawal memang terkenal memiliki selera makan yang berbeda beda di setiap bak harian. Akan tetapi cacing dan ulat daun pisang merupakan umpan yang di sukai ikan bawal. Umpan Ikan Lele Malam Hari ]

Jika anda menggunakan umpan cacing pilihlah cacing berukuran besar, misalnya cacing unthel atau cacing kalong. Cacing unthel memiliki busuk yang khas dan sangat dirokemendasikan untuk umpan bawal. Pasang cacing secara utuh dan jangan di potong.

Jika anda menggunakan ulat daun pisang untuk mancing ikan bawal di bak harian, gunakan ulat daun pisang yang sudah bermetamorfosis kepongpong. Tetapi kalau tidak ada, ulat daun pisang yang masih berwujud pisang pun juga mampu digunakan.

Umpan tahu putih juga di rekomendasikan untuk memancing ikan bawal di kolam, terutama bak harian. Tahu putih cocok untuk mancing ikan bawal di bak harian siang hari. Caranya potong tahu dengan bentuk dadu sebesar mata kail yang kita gunakan.

Tahu akan lebih efektif digunakan untuk umpan mancing ikan bawal bak harian ketika tahu sudah basi. Caranya yaitu simpan tahu selama dua hari sebelum digunakan. Jangan simpan tahu pada lemari pendingin.

Hati hati ketika menggunakan umpan tahu, sebab tahu mudah sobek. Makara harus pelan pelan melempar umpan ketika mancing ikan bawal di bak harian. Tahu busuk juga mampu digunakan untuk bom ikan bawal di bak harian supaya ikan berkumpul. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan meremas atau menghaluskan tahu busuk sebelum disebar ketitik bak yang kita inginkan.

Racikan Umpan Ikan Bawal Siang Hari

Umpan racikan berikut paling pas dipakai saat memancing ikan bawal pada siang hari atau cuaca cerah. Cobalah untuk melihat sebelumnya tempat atau spot mancing ikan bawal yang baik biasanya berada di tempat perairan tenang tetapi ada pula di tempat dengan arus untuk pejantan.

Bahan

  • Sebutir telur bebek,
  • Sepotong tahu ukuran sedang,
  • Satu sachet santan kara.
  • 1 ons potongan kecil kacang tanah,
  • Dua sachet susus bubuk dancow,
  • Dua ons pelet.

Cara membuat

  • Sediakan ember atau baskom untuk mencampurkan bahan.
  • Potong dan hancurkan kacang tanah sampai lembut.
  • Campurkan seluruh bahan dan tambahkan dengan air panas secukupnya sampai adonan tercampur rata.
  • Pastikan adonan pulen dan tidak terlalu encer agar dapat menempel pada kail pancing.