Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide dan Peluang Usaha

Ide dan Peluang Usaha - Sesungguhnya jika sekadar mengeluarkan ide sangat gampang. Bahkan, dalam obrolan sehari-hari kita sering mendengarkan betapa seseorang memiliki banyak sekali ide. Tidak kalah banyak dibanding penulis buku-buku wirausaha seperti 200 Ide Peluang Usaha Sampingan, atau 99 Ide Peluang Usaha buat Pensiunan, dan sejenisnya.

Ide dan Peluang Usaha

Yang sulit itu adalah merealisasikan ide tersebut menjadi usaha sungguhan. Nah, ternyata hal ini susahnya minta ampun. Beberapa orang yang katanya punya ide segudang, sampai berbusa-busa mengeluarkan idenya, tapi tak juga menjadikan ide tersebut menjadi usaha. "Ah teori";

Ide dan Peluang Usaha


Usaha merupakan salah satu gerbang bagi kita yang menginginkan pasif income atau penghasilan yang mengalir tanpa kita bersusah payah bekerja. Telah banyak motivator dan trainer yang memberikan inspirasi usaha kepada para peserta seminarnya. Bahkan acara motivasi dan kiat usaha sudah ditayangkan bebas di televisi. Namun pertanyaannya sekarang adalah, apakah semua usaha dari para motivator tersebut sudah dapat menggerakkan sebagian rakyat Indonesia terjun ke dalam dunia usaha?

Ya, kita patut bersyukur walaupun sebagian kecil yang tergerak dengan berbagai seminar dan acara motivasi usaha. Terdapat varian masalah yang menghadang para pemula untuk terjun di dunia usaha. Mulai dari kepercayaan diri, kesulitan waktu, kesulitan modal, dan lain-lain. Tapi bila kita cerdas memikirkan hal ini, maka kesulitan yang paling mengganjal dari para pemula usaha adalah menemukan ide usaha yang cocok bagi mereka.

Suatu ide/rencana usaha akan tidak terlaksana dengan baik apabila dipaksakan kepada seorang pemula yang tidak menguasai bidang usaha yang dirancang. Setidaknya seseorang bisa dikatakan mumpuni untuk memulai suatu jenis usaha apabila dia mempunyai keterikatan dengan bidang yang akan digelutinya. Misalnya hobi, minat, atau bahkan sekedar menyukai bidang tersebut. Karena menurut penuturan orang terkaya di dunia Bill Gate, bahwa faktor terpenting dari mengembangkan usaha adalah pengusaha menikmati semua aktivitas di dalam usahanya.

Menikmati aktivitas dalam usaha dapat berpengaruh besar terhadap semua hal yang akan dihasilkan oleh usaha kita tersebut. Misalnya saja kita contohkan, seseorang yang membuka usaha makanan atau warung tetapi dia tidak menyukai aktivitas menggoreng, merebus bahan makanan, ataupun menyajikan sebuah menu makanan kepada konsumen.

Maka dapat diperkirakan masakan di warung tersebut tidaklah dimasak dengan semaksimal mungkin, atau penyajian yang ala kadarnya. Sehingga usaha tersebut akan berjalan di tempat karena sedikitnya pelanggan yang menaruh hati terhadap warung tersebut.

Ide usaha dapat muncul kapan dan dimana saja. Seseorang yang peka terhadap kebutuhan masyarakat akan dapat dengan mudah membaca peluang usaha yang menguntungkan. Tetapi bagaimana dengan kita yang masih awam dalam membaca kebutuhan masyarakat atau mencari peluang usaha? Jawabnya adalah dengan banyak menambah ilmu dengan membaca berbagai sumber informasi tentang usaha terkini. Di bawah ini akan diuraikan beberapa sarana yang dapat mengantarkan kita menuju ide/peluang usaha.

Ide Peluang Usaha dari Media Massa

Tapi baiklah, mungkin banyak juga orang yang tidak punya ide atau hanya memiliki satu dua ide saja, dan membutuhkan sumber ide usaha lainnya. Salah satu sumber ide paling baik adalah media massa, karena di sana terhimpun informasi dari berbagai belahan dunia. Kita bisa belajar banyak dari berbagai sumber baik media cetak, televisi atau radio.

Sejumlah surat kabar dan majalah secara konsisten memberikan inspirasi lewat peusaha-peusaha sukses atau pemula. Tentu hal tersebut akan memberikan ide kepada kita. Demikian pula radio dan televisi yang sering menayangkan profil usaha sukses. Jika kita mau lebih rajin sedikit dan serius mengamatinya, maka media massa akan menjadi sumber ide usaha yang tak akan ada habisnya.

Ada fenomena menarik tentang pencarian sebuah ide tentang usaha. Terkadang suatu ide tentang usaha yang menguntungkan muncul di daerah yang maju secara teknologi misalnya perkotaan. Ya, dengan mengamati berbagai usaha baru yang muncul di beberapa kota besar di Indonesia kita dapat menemukan peluang usaha yang sedang tren saat ini. Tapi yang perlu diperhatikan serius adalah ide usaha tersebut dapat bertahan lama atau tidak.

Kita dapat belajar tentang sejumlah usaha instan yang muncul di awal tahun 2000 hingga sekarang. usaha instan tersebut memang menggiurkan bagi seseorang yang mempunyai niat untuk membuka sebuah usaha. Namun sayangnya usaha yang dia geluti hanya populer sekian bulan saja, padahal sejumlah modal telah dikeluarkan dengan harapan keuntungan melimpah.

Sebut saja usaha ikan louhan, di awalnya usaha ini menyedot perhatian banyak orang dengan berbagai even yang diadakan dan liputan sejumlah media tentang prospek usaha ikan louhan. Hingga banyak orang yang menyisihkan tabungannya untuk membeli ikan louhan dengan harapan dapat membesarkannya kemudian dijual dengan harga yang melambung tinggi.

Tetapi harga ikan louhan tidak bertahan lama di pasaran, hanya sekian bulan atau hampir setahun berlalu sejak kemunculannya harga ikan louhan anjlok draktis. Tentu saja kita tidak menginginkan usaha kita seperti contoh tadi, oleh karena itu usahakan untuk memperhatikan ketahanan atau prospek sebuah usaha dengan jeli.

Ide Peluang Usaha dari Internet

Yang tak kalah hebatnya dibanding media massa konvensional dalam memberikan ide usaha adalah internet. Bahkan boleh disebut, media internet lebih mudah, lebih murah dan lebih banyak muatannya dibanding media massa biasa. Kehadiran internet menjelang akhir abad ke-20 lalu, menjadi solusi bagi perbaikan kehidupan manusia termasuk dalam berusaha.

Silakan saja Anda klik ide usaha melalui mesin pencari seperti Google, maka dalam waktu beberapa detik saja akan muncul ribuan artikel dan situs tentang ide usaha. Dan jika kita lebih jeli memilih ide usaha tersebut, maka ide usaha di dalam internet sendiri, ternyata teramat potensial.

Ribuan ide tentang usaha berserakan di internet, namun perlu kelihaian dari kita untuk menyeleksi macam-macam usaha tersebut. Saat memilih atau menyeleksi peluang usaha di internet perlu kita perhatikan adalah kelayakan peluang usaha tersebut untuk kita jalankan di daerah kita. Karena setiap daerah memiliki potensi masing-masing. Ada yang berpontensi untuk dijadikan sebagai tempat penjualan produk lewat kedai atau stan di pinggir jalan, ada juga yang sangat cocok untuk dipakai dalam pendirian usaha dalam bidang pertanian dan peternakan.

Ya, memahami potensi yang ada pada diri dan lingkungan sekitar sangat penting bagi seorang pengusaha. Setelah menemukan ide tentang usaha di internet, langkah selanjutnya adalah membuat rencana usaha dengan matang. Buatlah sedemikian lengkap mulai dari modal yang dibutuhkan hingga pengeluaran sehari-hari.

Bila kita kesulitan dalam hal pendanaan awal usaha, maka kita dapat mengubah rencana usaha tersebut menjadi sebuah proposal usaha. Dengan proposal usaha ini, kita dapat menarik orang yang kita kenal sebagai investor untuk mendanai usaha kita agar dapat berjalan. Buatlah proposal usaha dengan rapi dan mudah dimengerti oleh pembacanya, karena menawarkan usaha kepada seseorang tidaklah tersedia waktu yang cukup lama seperti halnya kita ceramah atau ngobrol.

6 Ide dan Peluang Usaha dengan Keuntungan Menjanjikan

Berikut ini 6 Ide dan Peluang Usaha yang bisa menjadi bahan refernsi buat anda yang ingin mencoba melakukan usaha.

1. Ide dan Peluang Usaha Food truck

Baru-baru ini, banyak sekali yang merealisasikan ide dan peluang usaha kuliner dengan menggunakan konsep food truck. Konsep dari kuliner ini dengan menggunakan mobil berukuran besar sebagai tempat berjualan. Kebanyakan yang menyukai tempat kuliner ini adalah para kaum muda karena dapat dijadikan tempat nongkrong dan nyaman untuk mengobrol dengan teman.

Makanan yang dijajakan sebagian besar adalah makanan yang akrab dengan anak muda seperti kentang goreng, pizza, spaghetti, burger dan juga berbagai macam minuman. Dengan menggunakan ide food truck ini, Anda dapat lebih menghemat pengeluaran dibandingkan harus menyewa rumah makan maupun kios. Lahan outdoor juga sangat menarik agar menciptakan suasana yang lain untuk orang yang bosan hangout di mall.

2. Ide dan Peluang Usaha Bisnis tanaman hias

Untuk Anda yang menyukai tanaman hias, Anda dapat menjadikannya sebagai ide dan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Hal ini pasti sangat menyenangkan bagi Anda yang memiliki hobi bercocok tanam. Selain karena gemar mengoleksi tanaman, Anda juga sekaligus dapat mengembangbiakkannya dan merawatnya hingga layak untuk dijual.

Untuk tanaman hias yang saat ini sedang banyak diburu adalah berbagai macam kaktus yang berukuran kecil dengan bentuk yang lucu. Selain perawatannya tidak sulit, kaktus yang kecil juga sangat manis dijadikan hiasan di dalam maupun di luar rumah. Selain itu masih banyak jenis tanaman bunga dan juga tanaman hias yang bisa dijadikan pilihan untuk dijual. Anda dapat memasarkannya lewat online atau menjualnya dengan menyewa sebidang tanah ditepi jalan yang mudah diakses pembeli.

3. Ide dan Peluang Usaha Jasa content writer

Ide dan peluang usaha sebagai content writer adalah salah satu pilihan yang sangat cocok bagi Anda yang gemar menulis. Saat ini ada banyak sekali website yang membutuhkan konten namun pemiliknya merasa kurang percaya diri dalam membuat konten atau kurang bagus dalam membuat artikel yang menarik. Biasanya yang memakai jasanya adalah orang yang ingin mempromosikan barang yang dijualnya.

Peluang usaha sebagai content writer ini memberikan nilai plus karena Anda akan mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja di kantoran. Pekerjaan ini dapat dikerjakan di rumah ataupun dimana saja asalkan ada koneksi internet untuk mengirim konten ke orang yang memesannya. Ini merupakan gebrakan baru bagi kaum muda yang enggan bekerja kantoran namun tetap ingin mendapatkan penghasilan yang lumayan.

4. Ide dan Peluang Usaha Jasa day care

Semakin banyaknya orangtua yang sibuk bekerja membuat ide dan peluang usaha day care sangat menjanjikan. Biasanya orang tua yang bekerja di kantor dan tidak memiliki pengasuh di rumah memilih untuk menitipkan anaknya di day care. Selain itu, dengan dititipkan di day care anak menjadi lebih mudah bersosialisasi karena bertemu dengan banyak anak seumurannya setiap hari. Ini saatnya Anda yang merasa suka dan penyayang anak untuk mengambil kesempatan.

Untuk membuka usaha day care ini Anda membutuhkan banyak partner karena pasti akan sangat kesulitan bila satu orang menghandle lebih dari satu anak. Anda juga dapat sekaligus membuat day care ini dengan konsep sekolah. Jadi anak yang dititipkan tidak hanya berdiam diri saja tetapi juga mendapatkan banyak pelajaran seperti membuat kerajinan tangan atau bermain yang dapat melatih sensor mereka. Dengan ditambahnya kegiatan seperti itu, Anda juga dapat menarik uang pembayaran yang lebih besar.

5. Ide dan Peluang Usaha Catering makanan dengan menu diet

Saat ini sangat banyak jenis diet yang bermunculan dan banyak juga orang yang ingin mencobanya. Ini adalah salah satu ide dan peluang usaha yang dapat Anda lakukan dengan keuntungan yang besar. Tentu saja menu yang nantinya akan Anda pasarkan disesuaikan dengan jenis diet yang akan dijalani dengan makanan sehat yang alami agar lebih menyehatkan. 

Agar bisnis ini berjalan lancar, Anda harus bekerja sama dengan orang yang pandai memasak dan tentu saja ahli gizi yang dapat mengatur menu dan mengukur kandungan gizi serta kalori makanan. Para peminat jasa ini biasanya adalah orang yang sibuk sehingga tidak bisa mempersiapkan menu yang cukup ribet dengan perhitungan kalori yang cukup rumit. Bisnis Anda akan lebih diminati lagi bila dilengkapi dengan layanan delivery service agar pelanggan tidak kerepotan untuk memperoleh pesanannya.

6. Ide dan Peluang Usaha Jasa fotografi

Bila Anda memiliki bakat dan hobi di bidang fotografi, ini merupakan ide dan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Anda dapat membuka jasa fotografi untuk berbagai macam acara seperti di pernikahan, pre wedding, membuka studio foto dan lain sebagainya. Modalnya tentu saja Anda harus memiliki kamera yang berkualitas bagus dan kepiawaian dalam mengedit foto agar hasilnya lebih maksimal.

Nah, sekarang tinggal Anda pilih ide dan peluang usaha mana yang sekiranya cocok dengan bakat dan minat Anda. Pastikan Anda memiliki kemampuan dalam menghandlenya dan akan menjadi nilai plus lagi bila itu adalah hobi Anda. Karena bekerja dengan apa yang disenangi seperti halnya kita melakukan hobi dengan dibayar. Selamat mencoba.