Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha

Peluang Usaha - Peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang ada dan bisa dimanfaatkan untuk memperoleh sebuah keuntungan bagi seseorang atau wirausaha.

Peluang Usaha


Mantap rasanya bila bukan hanya tanggal gajian kantor yang kita tunggu, tapi juga ada uang lainnya yang datang sewaktu-waktu. Wah, terbayang gemuknya pundi-pundi penghasilan kita pastinya.

Maksud dari peluang usaha itu sendiri adalah suatu kesempatan yang dimiliki seseorang, yang apabila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dapat menghasilkan keuntungan yang bagus. Nah, tentu kita semua tanpa terkecuali ingin sekali memiliki kelebihan pendapatan walaupun harus mengorbankan sesuatu yang amat berharga pada awalnya.

Peluang Usaha

Walaupun waktu utama sudah tersita banyak dengan pekerjaan tetap, sisa waktu yang ada juga bisa dioptimalkan. Tak terkecuali bagi seorang ibu pekerja yang kembali disibukkan dengan anak-anak & urusan rumah tangga sepulang dari kantor.

5 Jenis Peluang Usaha

Tinggal bagaimana cara mengatur waktu sebaik-baiknya dan memanfaatkan waktu sekecil apapun.Beberapa Jenis Peluang Usaha berikut ini:

1. Bisnis penulisan

Bila kita memiliki minat menulis, tak ada salahnya untuk mengembangkan potensi diri. Ikuti pelatihan/workshop menulis fiksi/non fiksi ataupun skenario serta bergabunglah dengan milis kepenulisan sebagai sarana tukar informasi dan menimba ilmu.

Jangan sungkan bertanya kepada yang berpengalaman dan jangan patah semangat bila tidak ditanggapi. Ilmu sudah ada, kesempatan didepan mata, manfaatkanlah.Cerpen yang diterbitkan, novel yang dibukukan, artikel yang dimuat, semua ada harganya lho. Rajinlah menulis dan kirimkan. Coba dan coba lagi sambil terus memperbaiki diri. Teruslah mencoba!

2. Jasa penterjemah

Jangan biarkan keahlian kita berbahasa asing dipendam begitu saja. Kita bisa membuka bisnis kecil-kecilan yang tidak begitu menyita waktu pekerjaan utama kita.

Banyaknya novel impor membuat bisnis terjemahan memiliki banyak peluang. Rajinlah menawarkan diri kepada penerbit buku impor dan berilah contoh hasil terjemahan kita.

3. Jasa private

Peluang usaha dapat kita peroleh bila kita mahir berbahasa, komputer, atau ilmu pasti. Bukalah kursus private akhir pekan yang tidak menyita waktu. Tidak usah besar apalagi dengan promosi yang luas bila kerepotan.

Cukuplah dengan membuka iklan dilingkungan tempat kita tinggal saja. Targetkan 4-5 murid saja agar waktu kita tidak habis untuk mengajar.

4. Bisnis jualan online

Semakin berkembangnya dunia internet dewasa ini, membuat peluang bisnis online berkembang juga. Dari mulai produk buatan tangan, produk rumahan, hingga produk mancanegara, banyak kita jumpai anekaragamnya.Kita juga bisa ikut meramaikan bisnis ini dengan bisnis online yang lain daripada yang lain.

Pilihlah produk yang masih jarang dijual secara online dan tawarkan kemudahan-kemudahan menarik lainnya. Sistem penghantaran yang cepat dan produk yang siap kirim dapat menjadikan peluang usaha ini berkembang.

5. Bisnis Pulsa

Tidak diragukan lagi, peluang usaha bisnis pulsa semakin marak saja. Sambil kita bekerja bisnis ini dapat kita jalankan. Kita tinggal register saja menjadi agen pulsa dan secara otomatis pulsa akan bertambah. Cara kirimnya hanya tinggal kirim pesan pendek ke operator pulsa kita. Sangat gampang dan tidak merepotkan.

11 Peluang Usaha yang Potensial

Jika anda sedang mencari informasi mengenai peluang usaha yang potensial adalah sebaagi berikut, untuk bahan referensi untuk memulai usaha.

1. Pelunag Usaha Pembuatan Website

Usaha yang satu ini tentu memberikan kemudahan untuk kamu yang ingin mendapatkan uang hanya dari rumah. Untuk kamu yang memiliki keahlian di bidang IT terutama seorang Web Developer, maka peluang usaha yang satu ini bisa menjadi pilihan.

Tidak hanya dari jasa pembuatan website, penghasilan tambahan lainnya bisa kamu dapatkan melalui kerjasama yang dilakukan dengan pihak lain. Sebuah website tentunya, membutuhkan domain dan hosting agar dapat online. Karenanya, kamu juga dapat memanfaatkan ini untuk menjadi reseller hosting dan domain.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Online

Modal : Kecil – Menengah

2. Peluang Usaha Waralaba/Franchise

Usaha yang satu ini merupakan usaha dengan model kemitraan dimana nantinya kamu akan bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki produk dan sudah dikenal tentu akan lebih mudah untuk mendatangkan pembeli. Usaha franchise juga memiliki potensi bisnis yang terbilang baik, namun harus dibarengi dengan kemampuan dalam memilih franchise yang tepat.

Banyak yang memiliki anggapan bahwa usaha franchise membutuhkan modal yang tidak sedikit, nyatanya banyak pilihan pada franchise yang terjangkau seperti contohnya Laundry, jasa pelatihan dan lainnya.

Yang terpenting pada usaha ini adalah melihat peluang usaha terbaru serta memilih franchise yang cocok untuknya.

Tipe : Bisnis Reguler

Jenis Bisnis : Offline/Online

Modal : Menengah

3. Peluang Usaha Toko Online

Memiliki usaha dengan memanfaatkan toko online merupakan salah satu pilihan terbaik untuk mereka yang terbatas dengan modal. Perlu diketahui bahwa peluang usaha ini adalah salah satu pilihan yang paling menjanjikan. 

Pada peluang usaha ini penting untuk melihat gap in the market. Hal tersebut dibutuhkan saat peluang terbaru yang belum digarap namun banyak dibutuhkan oleh banyak orang.

Tipe : Bisnis Reguler

Jenis Bisnis : Online

Modal : Kecil – Menengah

4. Peluang Usaha Food Truck

Di Indonesia sendiri usaha yang satu ini terbilang masih jarang ditekuni banyak orang dan tentunya belum populer. Biasanya food truck ini identik dengan negara-negara maju di luar negeri. Namun, seiring perkembangan zaman usaha food truck ini sudah mulai merambah ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Makanan yang dijajakannya sendiri juga beragam mulai dari sosis, rice box dan lainnya. Dibanding hanya memanfaatkan ruko sebagai tempat usahamu akan lebih optimal jika menggunakan truck sebagai tempat kamu menjajakan usahamu sehingga dapat menjangkau pelanggan dengan lebih luas.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Offline

Modal : Menengah

5. Peluang Usaha Laundry Kiloan

Tidak diragukan lagi jika laundry selalu dicari oleh banyak orang dimanapun itu. Karenanya, laundry masih akan menjadi salah satu usaha yang direkomendasikan untuk dijalani.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry memang relatif ada yang besar dan ada juga yang kecil. Namun, sebagai pemula alangkah baiknya jika memulainya dari kecil. Untuk mengoptimalkannya kamu dapat memanfaatkan teknologi sebagai cara terbaik nya sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Offline

Modal : Kecil – Menengah

6. Peluang Usaha Pet Shop

Bagi kamu yang menyukai binatang khususnya kucing dan anjing, usaha yang satu ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Keuntungan dari bisnis yang satu ini juga bisa mencapai ratusan juta rupiah per bulan loh!.

Usaha Pet Shop ini juga terbilang mudah untuk dimulai dengan diawali pada jasa grooming, penitipan hingga menjual makan anjing dan kucing.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Offline

Modal : Kecil – Menengah

7. Peluang Usaha Penyewaan Tenda Camping

Belakangan memang tren mendaki mulai berkembang kembali. Selain dapat menikmati waktu bersama teman, sekaligus bisa mendapatkan foto-foto yang bagus. Karena itu, usaha penyewaan tenda camping sangat potensial untuk dimulai. 

Cara terbaik untuk memulai bisnis ini dengan memastikan situasi dan kondisi saat ini jika sekiranya sudah berjalan dengan normal, maka kamu bisa mulai secara perlahan.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Offline/Online

Modal : Kecil – Menengah

8. Peluang Usaha Jasa Desain Grafis

Pertumbuhan teknologi digital yang terus bergerak cepat tentunya berbanding lurus dengan kebutuhan seperti gambar, video dan lainnya yang lebih menarik. Jasa ini juga dibutuhkan untuk banyak hal seperti promosi media sosial, membuat desain logo hingga membuat kemasan produk yang menarik melalui desain grafis. 

Karena itu, banyak orang yang memanfaatkan hal tersebut sehingga mulai melirik peluang ini menjadi usaha yang bisa ditekuni. Namun, tidak semua orang yang memiliki keahlian ini sehingga potensi usaha ini semakin baik untuk kamu yang memiliki keahlian ini dan mencoba membangun usaha jasa desain sendiri.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Offline/Online

Modal : Kecil – Menengah

9. Peluang Usaha Influencer

Banyak orang tentu menggunakan media sosial hanya untuk sekedar melihat konten-konten menarik yang disukai. Padahal jika dimanfaatkan kamu dapat menghasilkan uang dengan cara membuat konten sendiri yang lucu dan menarik melalui sosial media.

Namun, menjadi seorang influencer tentunya tidak semudah asal membuat konten tanpa konsep dan strategi yang benar. Penting untuk memiliki keunikan sendiri yang belum dimiliki orang lain sehingga konten atau kamu memiliki daya tarik yang berbeda dengan yang lainnya.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Offline/Online

Modal : Kecil – Menengah

10. Peluang Usaha Thrifting Baju

Belakangan ini usaha thrifting mengalami kenaikan selama pandemi dan banyak juga yang mulai melirik thrifting ini sebagai peluang usaha yang paling menjanjikan keuntungan. Terlebih lagi usaha yang satu ini memang relatif membutuhkan modal yang tidak banyak, namun dapat memberikan keuntungan yang besar. 

Thrift shop juga mulai banyak bermunculan di media sosial dengan harga-harga yang beragam tergantung dengan kondisi dari bajunya. Tentunya, walaupun baju yang dijual bukan dalam kondisi terbaiknya, namun dari segi tampilan dan bahan biasanya masih sangat baik.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Offline/Online

Modal : Kecil – Menengah

11. Peluang Usaha Sewa Perlengkapan Bayi

Setiap orang tua tentunya akan terus memberikan hal terbaik bagi perkembangan tumbuh buah hatinya. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan memberikan segala perlengkapan yang dibutuhkan oleh sang buah hati.

Namun, untuk mereka yang terkendala dengan dana biasanya mencari cara lainnya untuk melengkapi kebutuhan itu dengan cara menyewa barang. Hal tersebut juga didasari dengan masa tumbuh kembang anak yang cepat sehingga lebih efisien jika hanya menyewa dibandingkan dengan membeli.

Tentu memiliki modal awal yang besar dapat membantu untuk menambah jumlah koleksi perlengkapan yang dimiliki. Tetapi, jika ingin optimal tentu bisa hanya memulai dengan barang-barang yang paling sering dicari seperti stroller, bouncer atau box bayi. Jika usahamu meningkat maka sedikit-sedikit dilengkapi perlengkapan sewaannya.

Tipe : Bisnis Rumahan

Jenis Bisnis : Offline/Online

Modal : Menengah

7 Peluang Usaha Rumahan di Desa

Jika anda berada di desa dan ingin mencoba untuk melakukan usaha berikut ini 7 peluang usaha rumahan di desa yang bisa menjadi referensi.

1. Peluang Usaha Warung Kelontong

Tidak hanya di kota, potensi usaha warung kelontong di daerah desa juga cukup besar. Kebanyakan, barang yang dijual di warung kelontong adalah kebutuhan sehari-hari dan sembako.

Kunci sukses menjalankan usaha rumahan yang satu ini yaitu lokasi yang strategis, stok barang yang lengkap, serta harga yang bersaing.

Untuk itu, kamu harus pintar menemukan supplier yang memiliki stok lengkap dan harga yang murah. Presentasi keuntungan usaha ini memang kecil, namun jika transaksi yang terjadi dalam seharinya cukup besar, maka keuntungan yang bisa kamu dapat juga lumayan besar.

Sedikit tips, agar pelanggan warung kelontongmu tetap setia, kamu harus menjadi penjual yang ramah. Jangan lupa juga untuk memberikan bingkisan saat hari besar sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan. Contohnya seperti biskuit kalengan ataupun sebotol sirup.

2. Peluang Usaha Jual Pupuk dan Alat Bertani

Kebanyakan profesi masyarakat pedesaan adalah seorang petani. Banyaknya profesi ini di desa, tentu membuat kebutuhan akan pupuk dan peralatan bertani juga tinggi.

Kondisi ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha. Salah satunya dengan membuka toko yang menjual aneka kebutuhan bertani. Misalnya saja seperti aneka pupuk dan alat-alat bertani.

Kamu bisa menyuplai berbagai jenis peralatan bertani dan pupuk langsung dari pemasoknya. Untuk menjalani bidang usaha ini, kamu harus menemukan supplier atau pemasok yang bisa memberikan harga murah, sehingga kamu pun bisa menjualnya kembali ke petani dengan harga yang bersaing.

3. Peluang Usaha Jasa Pembuatan Furniture

Kebanyakan peluang usaha rumahan di desa selalu identik dengan bidang agraria, seperti pertanian, perkebunan, atau peternakan.

Sebenarnya, ada banyak juga bidang usaha lainnya yang cukup potensial untuk dilakukan. Salah satunya adalah jasa pembuatan furniture seperti lemari, kursi, tempat tidur, daun pintu, jendela, hingga kusen.

Kelebihan peluang usaha yang satu ini yaitu karena pelaku usaha di bidang ini di desa tidak terlalu banyak, sehingga persaingan dan kompetisinya juga tidak terlalu sulit.

Untuk menjalankan usaha ini kamu tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Kualifikasi yang dibutuhkan yaitu keahlian dalam menyerut, memotong, dan keterampilan tukang kayu pada umumnya.

Selain itu, kreativitas mereka dalam membuat desain dan bentuk yang unik juga menjadi penentu kesuksesan usaha tersebut ke depannya.

4. Peluang Usaha Budidaya lele

Peluang usaha rumahan di desa selanjutnya yaitu budidaya ikan, tepatnya ikan lele. Mengapa harus lele? Lele dikenal sebagai ikan yang memiliki kemampuan beradaptasi yang baik, lebih tahan terhadap serangan penyakit serta proses pemeliharaannya yang mudah.

Jika kamu tertarik dengan peluang usaha ini, maka kamu harus memiliki pemahaman terlebih dahulu di bidang budaya lele. Alternatifnya, kamu bisa bekerjasama dengan orang yang memiliki pemahaman tersebut. Pilihlah partner yang telah kamu kenal dan bisa dipercaya.

Untuk memulainya, kamu harus menyediakan kolam-kolam khusus. Kamu bisa membuat kolam-kolam tersebut dari papan dan terpal besar. Buatlah di dekat area rumah untuk memudahkan pengawasan.

Ada beberapa hal yang menjadi fokus ketika kamu memilih usaha ini, yaitu apakah kamu ingin memulainya dari bibit atau fokus ke pembesaran saja?

Jika memulainya dari bibit, maka kamu harus melalui proses pemeliharaan induk lele hingga bertelur dan menjadi bibit, kemudian membesarkannya hingga berat tertentu.

Namun, jika kamu ingin fokus pada pembesarannya saja, maka kamu bisa langsung membeli bibit atau anakan lele kemudian fokus pada proses pembesarannya.

Pemeliharaan lele terbilang mudah, cukup berikan pangan secara rutin, lalu pisahkan sesuai berat dan ukuran lele. Jika sudah menyentuh bobot tertentu, maka lele sudah bisa dipanen.

5. Peluang Usaha Beternak Ayam Kampung

Selain rasa yang enak, nilai jual ayam kampung juga lebih tinggi. Opsi peluang usaha rumahan di desa selanjutnya yaitu beternak ayam kampung. Kondisi lingkungan dan halaman yang cukup luas, tentu lebih memudahkan kamu ketika ingin beternak ayam kampung.

Jika halaman rumahmu kebetulan cukup luas dan mendukung untuk usaha ini, maka kamu bisa memulainya dengan menyiapkan beberapa kandang untuk beternak.

Tidak seperti ras ayam broiler, memelihara ayam kampung lebih mudah karena mereka biasa mencari makan secara mandiri.

Ayam kampung juga lebih kebal terhadap serangan penyakit. Segmen pembeli jenis ayam ini umumnya adalah masyarakat perkotaan. Selain rasa, ayam kampung juga dinilai lebih sehat karena kandungan lemaknya jauh lebih rendah.

6. Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram

Jenis peluang usaha rumahan di desa selanjutnya yaitu budidaya jamur tiram. Jika kamu tertarik dengan usaha ini, kamu harus memiliki ruangan yang tidak terjamah oleh cahaya matahari untuk mendukung proses budidaya jamur.

Setelah itu, siapkan bibit jamur unggulan dan media untuk pertumbuhan jamur, seperti serbuk kayu, kapur, dan dedak. Barulah setelah itu kamu bisa menyiapkan perlengkapan pendukung, seperti drum bekas dan plastik untuk menanak baglog atau log.

Untuk merebus log, kamu bisa menggunakan kayu dan ranting yang jatuh dari pohon. Proses pembudidayaan jamur memang terbilang mudah dan murah. Selain itu, waktu panennya pun cukup cepat. 

7. Peluang Usaha Pertanian Sayuran Organik

Jika kamu memiliki rumah di desa dengan lahan yang luas, tentu kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha dengan menanam sayuran organik. Peluang usaha rumahan di desa yang satu ini lebih menyasar untuk konsumen masyarakat perkotaan.

Sekilas, proses penanaman sayur organik memang tidak jauh berbeda, hanya saja pupuk dan pestisida yang digunakan tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Jika kamu belum memiliki keahlian dalam bidang bertani, kamu bisa bekerja sama dengan petani sekitar.

Beberapa jenis sayuran organik yang cukup populer antara lain, bayam hijau, bayam merah, bawang daun, caisim, kangkung, kalian, kol, pakcoy, petsai, sawi putih, selada, dan jenis sayuran lainnya.

Setelah proses panen tiba, maka sayuran akan dikirim ke pemasok atau konsumen langsung di perkotaan. Di daerah perkotaan, permintaan akan sayuran organik memang tinggi. Masyarakat kota memilih sayuran jenis ini karena dianggap lebih sehat.