Pengertian Smartphone, Karakteristik dan Jenis

Pengertian Smartphone, Karakteristik dan Jenis - Smartphone adalah  telepon  pintar   yang  memiliki  kemampuan seperti komputer. Smartphone diklasifikasikan  sebagai high  end  mobile  phone yang    dilengkapi dengan kemampuan mobile computing. Dengan kemampuan mobile computing tersebut, smartphone memiliki kemampuan yang   tak   bisa   dibandingkan   dengan   ponsel   biasa. Smartphone yang pertama  kali muncul  merupakan  kombinasi  dari  fungsi suatu personal digital  assistant(PDA)  dengan  telepon genggam  ataupun  telepon  dengan kamera. Seiring   dengan   perkembangannya, kini smartphone juga mempunyai fungsi sebagai media player portable, low end digital compact camera, pocket video camera dan GPS. Smartphone modern   juga dilengkapi dengan layar touchscreen resolusi tinggi, browser yang mampu menampilkan full web seperti pada PC, serta akses data WiFi dan internet broadband.
Pengertian Smartphone, Karakteristik dan Jenis

Pengertian Smartphone Menurut Beberapa Ahli

1. David Wood
Menurut David Wood, smartphone adalah handphone cerdas yang memiliki kelebihan dibanding alat telekomunikasi lainnya. Kelebihannya terlihat dari proses pembuatannya dan proses penggunaannya.

2. Williams dan Sawyer
Menurut Williams dan Sawyer definisi smartphone adalah telepon selular yang memakai beberapa layanan seperti layar, mikroprosesor, memori, dan modem bawaan. Dengan begitu, smartphone memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding handphone biasa. [ Pengertian Gadget ]

3. Ridi Ferdiana
Menurut Ridi Ferdiana pengertian smartphone adalah perangkan telepon seluler yang dilengkapi dengan berbagai fitur. Dengan begitu, selain sebagai alat telekomunikasi, smartphone juga dapat digunakan untuk keperluan bisnis oleh pengusaha dan masyarakat umum.

Karakteristik Smartphone

Beberapa karakteristik yang umum ada padasmartphoneyaitu :
  1. MobileOS. MobileOS yang sering digunakan pada smartphoneadalah: Symbian OS, iPhone OS, Windows Mobile OS, RIM Blackberry, Linux, Palm OS, Android.
  2. OpenSource
  3. WebFeature
  4. Enhanced. Hardware Fitur hardware eksternal seperti layar sentuh lebar dan sensitif, built-in  keyboard,  resolusi  kamera  tinggi,  sisi  kamera  depan  untuk video conferences.
  5. MobilePC. Pada umumnya smartphone memiliki  prosesor  yang  cukup  tinggi., selain  itu  memiliki  penyimpanan  memori  yang  besar  dan  memiliki RAM  tambahan  yang  cukup  besar  seperti  sebuah  PC  desktop  atau laptop.
  6. Technology support

Jenis-Jenis Smartphone

Beberapa jenis Smartphone dapat dibedakan berdasarkan bentuknya. Berikut ini adalah jenis-jenis smartphone berdasarkan bentuknya:
  1. Handphone. Smartphone berbentuk handphone adalah yang paling banyak digunakan karena bentuknya yang lebih kecil dan ringkas dibawa kemana saja. Umumnya smartphone berbentuk handphone sudah memiliki layar touch screen. Tombol keypad pada smartphone berada pada screen yang dapat dinavigasi melalui touch screen tersebut.
  2. iPhone. Smartphone berbentuk handphone yang dikeluarkan oleh Apple. Secara garis besar fiturnya sama dengan handphone smartphone pada umumnya. Macam-Macam Gadget dan Fungsi Gadget ]
  3. Tablet. Tablet merupakan smartphone yang bentuknya lebih lebar dan terlihat seperti buku. Layarnya lebih lebar dibandingkan dengan handphone dan seringkali dilengkapi dengan mini keyboard jika dibutuhkan. Biasanya tablet sangat jarang digunakan untuk telephone. Hal ini dikarenakan ukurannya yang cukup besar dan membutuhkan earphone agar bisa nyaman menggunakannya.
  4. iPad. iPad adalah istilah untuk tablet yang dikeluarkan oleh brand Apple.
  5. Smartwatch. Smartwatch adalah sebuah jam tangan pintar yang terhubung dengan internet dan perangkat lain, misalnya smartphone. Smartwatch dilengkapi dengan fitur GPS, Email, Telephone, SMS, dan prediksi cuaca.
  6. iWatch. iWatch adalah produk jam tangan pintar yang dikeluarkan oleh brand Apple. Produk ini hanya bisa terhubung dengan produk iPhone.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel