Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Tanaman Gelombang Cinta

Cara Budidaya Tanaman Gelombang Cinta - Cara budidaya tanaman hias gelombang cinta cukup mudah, karena bisa dilakukan di media tanah jenis apa saja, bahkan tanah merah sekalipun. Tapi yang paling bagus memakai porus. Porus itu campuran dari sekam biasa dan sekam bakar, lalu dicampur berbagai macam pakis, dan pasir terutama pasir malang. Perhatikan sirkulasi udara dalam pot harus bagus. Selain itu sebaiknya tanaman direndam dulu dg fungisida agar tidak berjamur. Cara bercocok tanam tumbuhan ini cenderung gampang, bahkan dalam penggantian pot kalau tanaman sudah tidak muat tinggal dipindahkan ke pot yang lebih besar, dipindahkan sekalian dengan medianya, lalu ditambahkan lagi porus sampai penuh. Pot yang digunakan yang paling baik pot dari tanah, karena pori-pporinya banyak sehingga sirkulasi udaranya bagus. Untuk porus, lebih baik bila dilakukan pengukusan satu jam sebelum digunakan. Pot juga lebih baik direndam didalam air seblum digunakan, karena pori-porinya akan membuka.

Tanaman Gelombang Cinta

Cara Budidaya Tanaman Gelombang Cinta

Pembibitan Budidaya Tanaman Gelombang Cinta

Bibit bisa diperoleh dengan dua cara, vegetatif dan generatif. Proses generatif adalah mengawinkan bunga jantan dan bunga betina. Yang jantan memiliki benang sari, yang betina biasanya berlendir. Untuk memperoleh biji anthurium ambil benang sari memakai jentik, lalu oleskan benang sari tersebut pada lendir sampai rata. Untuk memperoleh hasilnya dibutuhkan waktu selama dua bulan kurang lebih, ketika bunga anthurium telah masak, banyak biji gelombang cinta dalam bunga masak tersebut. Biji lalu dikupas, dicuci dan dibiarkan dulu kena angin baru ditaburkan ditanah yang halus, lembab dan harus selalu disiram. Cara yang vegetatif dengan menanam satu mata cabang dan stek batang. Ketika menanam stek batang, harus disertakan setidaknya  3 akar. Cara Budidaya Tanaman Kamboja ]

Jika Anda ingin menanam tanaman hias Anthurium Gelombang Cinta dalam jumlah banyak, Anda bisa menegmbangbiakannya dengan cara pemisahan anakan maupun menanam bijinya. Anakan yang muncul di sampingnya dipisah, kemudian ditanam di tempat baru. Media tanam yang dipakai adalah moss atau cocopeat yang sudah matang. Media tanam lainnya yang bisa dipakai yaitu cacahan pakis dan arang.

Buah-buah yang sudah masak berwarna merah. Buah-buah ini menempel pada tongkolnya. Buang daging-daging buahnya dengan cara memencetnya. Setelah daging buahnya bersih, cuci dengan air hingga kisat. Setelah itu tinggal diangin-anginkan supaya mengering. Biji-biji ini siap dikecambahkan. Tempat pendederan bisa berupa wadah plastik berisi media tanam tanah dan pasir halus. Setelah beberapa hari, biji-biji mulai berkecambah. Biarkan anakan ini tumbuh sampai terlihat sesak. Kontrol anakan-anakan ini jangan sampai terserang oleh hama dan penyakit.

Anakan-anakan yang sudah penuh sesak, siap dipindahkan ke pot-pot individu yang berukuran kecil. Media tanam yang dipakai bisa menggunakan cocopeat, arang atau moss. Ukuran pot yang dipakai disesuaikan dengan tumbuh kembang anakan Anthurium itu sendiri. Tujuannya, supaya tidak terjadi pemborosan pemakaian media tanam dan pemberian pupuk.

Supaya daun-daunnya tampil cantik dan menawan, bisa dilakukan perlakuan peeling dengan cara mengusap permukaan daunnya dengan susu segar. Usap dengan kapas yang telah dicelupkan ke dalam susu murni. Kemudian, diusap-usap secara merata pada permukaan daunnya. Menanam tanaman hias anthurium gelombang cinta (Anthurium plowmanii) memang mudah dan tidak terlalu rumit. 

Tanaman Gelombang Cinta tidak Suka Cahaya Matahari Langsung dan Penuh

Tanaman yang memiliki bentuk daun artistik ini tidak terlalu suka cahaya matahari yang penuh dan langsung, lokasi yang bagus untuk tumbuhan ini adalah ditempat yang teduh. Perlu dipasangkan paranet 65% agar tumbuhnya optimal, alat tersebut dipasang rangkap dua untuk melindungi dari penyinaran secara langsung. Atau bisa juga diletakkan diteras yang tidak langsung kena sinar matahari.  Tapi sangat disarankan setiap hari ketika cahaya matahari sedang bagus, tanaman harus diputar supaya tumbuhnya bagus, agar dapat bentuk yang artistik.

Demikianlah informasi Cara Budidaya Tanaman Gelombang Cinta dari admin niatku.com, semoga bermanfaat.