Macam Macam Hewan Ternak dalam Islam

Macam Macam Hewan Ternak dalam Islam - Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakan dan membudidayakanhewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan itu.

Kegiatan di bidang peternakan dapat dibagi atas dua golongan, yaitu peternakan hewan besar seperti sapi, kerbau dan kuda, sedang kelompok kedua yaitu peternakan hewan kecil seperti ayam, kelinci dll.s

Pada masa itu, domba dan kambing yang semula hanya diambil hasil dagingnya, mulai dimanfaatkan juga hasil susu dan hasil bulunya. Setelah itu manusia juga memelihara sapi dan kerbau untuk diambil hasil kulit dan hasil susunya serta memanfaatkan tenaganya untuk membajak tanah.

Macam Macam Hewan Ternak dalam Islam

Nah.. dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa hewan apapun yang dikembakbiakkan atau dibudidayakan dengan tujuan pemanfaatan tertentu termasuk dalam kategori Hewan Ternak. Tapi tidak semua Hewan bisa masuk dalam ketegori Hewan Ternak, karena salah satu syarat untuk mengembangbiakkan hewan harus dalam keadaan jinak. Zakat Hewan Ternak Kambing, Domba, Sapi, Kerbau ]

Sistem peternakan diperkirakan telah ada sejak 9.000 SM yang dimulai dengan domestikasi anjing, kambing, dan domba. Peternakan semakin berkembang pada masa Neolitikum, yaitu masa ketika manusia mulai tinggal menetap dalam sebuah perkampungan. Pada masa ini pula, domba dan kambing yang semula hanya diambil hasil dagingnya, mulai dimanfaatkan juga hasil susu dan hasil bulunya (wol). Setelah itu manusia juga memelihara sapi dan kerbau untuk diambil hasil kulit dan hasil susunya serta memanfaatkan tenaganya untuk membajak tanah. Manusia juga mengembangkan peternakan kuda, babi, unta, dan lain-lain.

Macam Macam Hewan Ternak dalam Islam

Dalam Islam kita dianjurkan untuk selalu makan makanan yang halal dan tidak diperbolehkan untuk makan makanan yang haram. Hal tersebut tentunya mempunyai alasan yaitu makanan halal memiliki manfaat bagi tubuh sedangkan makanan haram berbahaya bagi tubuh. Tahukah kamu sahabat, bahwa ada beberapa jenis hewan yang dianggap halal sehingga aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Seperti salah satu firman Allah SWT dalam QS Al Maidah ayat 3 yang artinya : 

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.“ 

Dari ayat diatas menjelaskan tentang makanan apa saja yang haram untuk dimakan. Kemudian ada beberapa jenis hewan yang dihalalkan oleh islam. Artinya jenis hewan ini diperbolehkan untuk dimakan dan dinikmati. Untuk itu berikut adalah jenis-jenis hewan yang diperbolehkan berdasarkan informasi dalam Al-Quran dan juga Hadist. 

Hewan Ternak

“Dan di antara hewan ternak itu ada yang dijadikan untuk pengangkutan dan ada yang untuk disembelih. Makanlah dari rezki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu”. (QS Al An’am : 142) 

Hewan ternak merupakan binatang peliharaan yang dapat di ternak atau dipelihara di sekitar rumah atau daerah tempat tinggal. Contoh hewan ini adalah seperti sapi, kerbai, kambing, ayam, unta, bebek, dsb. Allah bukan hanya menghalalkan dagingnya, tapi susunya, menggunakan kulitunya, dan boleh juga apabila akan digunakan sebagai kendaraan atau alat yang bermanfaat bagi manusia. Niat Sholat Hajat, Cara, Waktu dan Manfaat ]

“dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya.” (QS An-Nahl :8) 

Hewan Laut/Air 

“Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan.“ (QS Al-Maidah:  96) 

Dari ayat di atas ada beberapa hal yang menjadi catatan. Binatang yang ada di laut atau ada di air seperti di danau, sungai. Tambak, dsb adalah hewan yang halal. Bangkainya pun halal jika dikonsumsi, karena laut adalah air yang suci dan sangat mempengaruhi semua hewan yang ada di sana. 

Hal ini juga disampaikan kembali dalam ayat berikut, 

“Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur.” (QS An-Nahl : 14) 

Hewan Berdasarkan Dalil Khusus 

Dalil khusus merupakan dalil yang menyebut spesifik hewan tertentu dan ke-halal-annya. Hewan-hewan tersebut seperti kuda, biawak, keledai liar, ayam, kelinci, dan belalang.

Manfaat Hewan Ternak dalam Islam

ALLAH SWT menciptakan hewan ternak yang manfaatnya sangat banyak. Hewan ternak itu hidup berdampingan dengan manusia tanpa saling mengganggu. Niat Sholat Dhuha (Bacaan), Rakaat, Doa, Cara, Manfaat ]

Allah berfrman, “Dan hewan ternak telah diciptakan-Nya untukmu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai manfaat, dan dari sebagiannya kamu makan. Dan kamu memperoleh keindahan padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya (ke tempat penggembalaan). Dan ia mengangkut beban-bebanmu (menuju) ke suatu negeri yang kamu tidak sanggup mencapainya, kecuali dengan susah payah. Sungguh, Tuhanmu Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dan Dia (telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai, untuk kamu tunggangi dan menjadi perhiasan. Allah menciptakan apa yang kamu tidak ketahui.” (An-Nahl: 5-8).

Ayat-ayat di atas menjelaskan manfaat-manfaat yang bisa diperoleh manusia dari hewan-hewan ternak; sapi, domba, kambing, dan unta. Manfaat pertama yang bisa didapat manusia termasuk dalam firman-Nya, “Dan hewan ternak telah diciptakan-Nya untukmu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan...”

Maksudnya, hewan ternak dapat membantu memberikan kehangatan bagi manusia pada musim dingin, yaitu melalui karpet, baju, penutup kepala, dan jenis-jenis pakaian lainnya yang dibuat dari kulit hewan ternak.

Manfaat kedua bagi manusia adalah kulitnya, juga tanduknya. Pun manusia bisa menungganginya sebagai sarana transportasi maupun alat pertanian.

Manfaat ketiga bagi manusia dijelaskan dalam firman-Nya, “... dan dari sebagiannya kamu makan...” Ini merupakan petunjuk bahwa daging, lemak, dan susu sangat berperan penting sebagai makanan manusia.

Penggalan ayat selanjutnya, yaitu “... Allah menciptakan apa yang tidak kamu ketahui…” merupakan petunjuk yang sangat jelas tentang sarana-sarana transportasi pada masa depan, seperti mobil, kereta, pesawat, dan satelit yang terbang meninggalkan bumi menuju planet-planet yang jauh dan bertebaran di luar angkasa.

Demikian pengetahuan ini dikutip dari Buku Pintar Sains Dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah, karya Dr. Nadiah Thayyarah halaman 613-614.

Belum ada Komentar untuk "Macam Macam Hewan Ternak dalam Islam"

Posting Komentar