Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Artikel Pengantar Pendidikan

Artikel Pengantar Pendidikan - Pengantar pendidikan merupakan sebuah mata kuliah yang diajarkan di tingkat perguruan tinggi khusus mahasiswa yang mengambil jurusan kependidikan. Pada umumnya pada pengantar pendidikan yang paling banyak dibahas adalah tentang sistem, tujuan, dan dasar-dasar tentang dunia pendidikan nasional serta Undang-undang yang mengatur pendidikan.

Artikel Pengantar Pendidikan

Artikel Pengantar Pendidikan

Sistem pendidikan nasional kini berada dalam lingkungan yang dinamis. Dinamika perubahan itu ditunjukkan melalui tiga skala: global, nasional, dan lokal. Perubahan yang terjadi pada lingkungan global membawa tuntutan akan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Perubahan dalam sistem perdagangan dunia yang semakin bebas, perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin maju, dan meningkatnya kesadaran sosial masyarakat dunia memaksa setiap bangsa di dunia untuk memacu kualitas sumber daya manusianya.

Perubahan yang terjadi dalam skala nasional, tidak kalah hebatnya dalam mempengaruhi sistem pendidikan nasional. Krisis ekonomi telah membawa bangsa ini ke lubang kesengsaraan yang amat pahit. Pengangguran bertambah, kemiskinan menjadi penyakit sosial yang semakin mewabah, dan puncaknya, angka kriminalitas menjadi menu sehari-hari kehidupan rakyat Indonesia. Krisis ekonomi kemudian dilengkapi oleh gonjang-ganjing politik yang tak berseduhan. Dunia pendidikan sudah barang tentu ikut menuai akibatnya.Artikel Singkat tentang Pendidikan ]

Perubahan dalam konteks lokal tidak bisa dilepaskan dari perubahan yang terjadi dalam skala nasional. Meskipun demikian, terdapat setitik harapan dengan diberlakukannya UU No 22/1999 dan PP 25/2000 yang memberi kewenangan yang lebih luas kepada pemerintah kabupaten/kota dalam pengelolaan berbagai urusan pemerintahan, termasuk pendidikan. Dengan kebijakan itu, Kabupaten/kota memikul tanggung jawab besar dalam pengelolaan pendidikan. Boleh dikatakan, maju mundurnya pendidikan di masa depan akan tergantung pada kemampuan kabupaten/kota dalam mengelola pendidikannya.

Anda bisa melihat berikut ini beberapa materi yang berhubungan dengan pengantar pendidikan :
  • Beberapa Definisi Mengenai Pendidikan
  • Unsur-Unsur Pendidikan
  • Pengertian Sifat Hakikat Manusia
  • Kode Etik Guru Indonesia
  • Tujuan dan Proses Pendidikan