Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Konferensi Asia di New Delhi

Sejarah Konferensi Asia di New Delhi – Pada kesempatan ini admin niatku.com akan berbagi informasi mengenai Sejarah Konferensi Asia di New Delhi. Berikut penjelasan lengkapnya.

Sejarah Konferensi Asia di New Delhi

Konferensi Asia di New Delhi diawali dari berbagai serangan militer, Belanda berusaha masuk dan menguasai wilayah RI. Berbagai macam cara ditempuh Indonesia untuk menghadapi Belanda. Selain dengan cara peperangan dan diplomasi, wakil-wakil Republik Indonesia berusaha menggalang dukungan dunia internasional. Atas dasar persamaan nasib sesama bangsa yang pernah dijajah, banyak negara-negara Asia yang menyatakan dukungannya untuk Indonesia. Salah satu negara yang paling keras menyatakan dukungan tersebut adalah negara India. Pada tahun 1949, India mengadakan konferensi untuk Indonesia.

Sejarah Konferensi Asia di New Delhi

Belanda akhirnya menggunakan kekerasan senjata untuk menyelesaikan pertikaian dengan pihak Indonesia. Angkatan perang Belanda di bawah Jenderal Spoor menyerang ibukota Republik Indonesia, di Yogyakarta pada tanggal 19 Desember 1948. Tujuan aksi militer Belanda ini adalah untuk menghancurkan Republik Indonesia dan mengakhiri hidupnya sebagai suatu satuan ketatanegaraan. Di samping itu, untuk membentuk Pemerintah Federal Sementara tanpa mengikutsertakan Republik Indonesia. Fase Perkembangan Islam di Indonesia ]

Timbul reaksi keras dari bangsa-bangsa Afrika dan Asia atas tindakan Belanda, yaitu menyerang dan menduduki ibukota republik serta menangkap para pembesarnya. Reaksi keras itu diwujudkan dalam penyelenggaraan Konferensi Asia di New Delhi atas prakarsa Perdana Menteri India, Pandit Jawaharlal Nehru dan Perdana Menteri Birma U Aung San. Konferensi ini dihadiri oleh negara-negara asia, seperti: Pakistan, Afganistan, Sri Lanka, Nepal, Libanon, Siria, dan Irak. Delegasi Afrika berasal dari Mesir dan Ethiopia. Konferensi ini juga dihadiri utusan dari Australia, sedang Indonesia dalam ini diwakili oleh Dr. Sudarsono. Konferensi Asia di New Delhi ini dilaksanakan selama empat hari, mulai dari tanggal 20 sampai dengan tanggal 25 Januari 1949.

Resolusi yang dihasilkan mengenai masalah Indonesia adalah sebagai berikut:

  • pengembalian pemerintah Republik Indonesia ke Yogyakarta
  • pembentukan Pemerintah ad interim yang mempunyai kemerdekaan dalam politik luar negeri, sebelum tanggal 15 Maret 1949
  • penarikan tentara Belanda dari seluruh Indonesia
  • penyerahan kedaulatan kepada pemerintah Indonesia Serikat paling lambat 1 Januari 1950