Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi dan Kriteria

Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi dan Kriteria - Pada kesempatan ini admin niatku.com akan berbagi tentang Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi dan Kriteria. Di sini akan dijelaskan tentang Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi Sistem Ekonomi dan Kriteria Sistem Ekonomi.

PENGERTIAN SISTEM EKONOMI

Kehidupan ekonomi suatu negara merupakan hasil kegiatan ekonomi seluruh penduduk, perusahaan besar dan kecil, yang menghasilkan barang dan jasa. Tingkat perekonomian suatu negara pastilah berbeda-beda begitu juga dengan dengan organisasi perekonomian yang dipraktikkan di masing-masing negara. Tahukah kalian pengertian dari sistem ekonomi? Sistem ekonomi adalah suatu organisasi yang terdiri atas beberapa lembaga atau pranata (politik, ekonomi, sosial, ide-ide) yang merupakan suatu kesatuan dan saling mempengaruhi dalam memecahkan problem dasar perekonomian yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi sehingga terpenuhinya semua kebutuhan. Setiap negara berupaya mengatur pertukaran barang dan jasa agar kesejahteraan rakyatnya meningkat. 
Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi dan Kriteria


Gilarso
Sistem ekonomi adalah keseluruhan tata cara untuk mengoordinasikan perilaku masyarakat (para produsen, konsumen, pemerintah, bank, dan sebagainya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagainya) sehingga terbentuk satu kesatuan yang teratur dan dinamis sehingga kekacauan dalam bidang ekonomi dapat dihindari. 

Gregory Grossman dan M. Manu
Sistem ekonomi adalah sekumpulan komponen-komponen atau unsur-unsur yang terdiri dari atas unit-unit ekonomi, serta lembaga-lembaga ekonomi yang bukan saja saling berhubungan dan berinteraksi melainkan juga saling menopang dan memengaruhi.  

McEachern
Seperangkat mekanisme dan institusi untuk menjawab pertanyaan apa, bagaimana , dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi (what, how, dan for whom).

FUNGSI  SISTEM EKONOMI

Dari berbagi sistem ekonomi yang ada di dunia ini mempunyai fungsi dalam perekonomian, di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Menyediakan perangsang untuk berproduksi.
  • Menyediakan cara/metode untuk mengkoordinasi kegiatan individu dalam suatu perekonomian.
  • Menyediakan mekanisme tertentu agar pembagian hasil produksi di antara anggota masyarakat dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

KRITERIA SISTEM EKONOMI

Setiap negara pasti mendambakan pertumbuhan ekonomi yang baik dan stabil. Agar cita-cita tersebut dapat terwujud terdapat kriteria-kriteria yang dimiliki apabila suatu sistem ekonomi dapat dikatakan relatif baik adalah sebagai berikut.
  • Apakah sistem ekonomi yang bersangkutan memberikan kemungkinan untuk mencapai standar kehidupan yang tinggi?
  • Apakah memungkinkan bagi suatu pertumbuhan ekonomi yang stabil?
  • Apakah sistem ekonomi tersebut menghormati kebebasan ekonomi para individu secara wajar?
  • Apakah sistem perekonomian tersebut memberikan kepastian ekonomi bagi seluruh anggota masyarakat?
  • Apakah sistem ekonomi tersebut menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa yang sesuai dengan kebutuhan para konsumen?
  • Apakah sistem ekonomi tersebut menunjukan adanya pembagian pendapatan yang memadai?
Demikianlah penjelasan singkat tentag Pengertian, Fungsi dan Kriteria Sistem Ekonomi dari admin niatku.com, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel