Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Ekonomi Langka dan Kebutuhan yang tidak Terbatas

Sumber Ekonomi Langka dan Kebutuhan yang tidak Terbatas - Mengapa masyarakat harus mengantri membeli untuk minyak? Terlihat jelas bukan, bahwa orang yang membutuhkan minyak tanah sangat banyak, akan tetapi sumber pemenuhan yaitu minyak tanah sangat terbatas? Dengan melihat kondisi tersebut dapatkah kamu menjelaskan pengertian dari kelangkaan?

Sumber Ekonomi Langka

Di dalam kehidupan masyarakat yang masih primitif, kebutuhan mereka mungkin hanya sebatas pada kebutuhan makanan, minuman, pakaian dan perumahan. Kebutuhan itu dapat terpenuhi jika jumlah sumber daya untuk memenuhi kebutuhan itu jauh melebihi jumlah kebutuhan yang ada pada masyarakat yang masih primitif. Bandingkan dengan masyarakat modern sekarang ini! Kebutuhan semakin beragam sementara jumlah sumber daya untuk mencukupi kebutuhan itu makin terbatas.

Sumber Ekonomi Langka dan Kebutuhan yang tidak Terbatas

Dengan penjelasan tentang kebutuhan manusia yang beraneka ragam dan tidak adanya kebutuhan dari masing-masing manusia yang persis sama, maka dapat kita ketahui bahwa kebutuhan cenderung bertambah, sedangkan komoditas atau alat pemuas kebutuhan terbatas. Akibatnya terjadi ketidakseimbangan dan penyebab terjadinya kelangkaan (scarcity). Jadi yang dimaksud dengan kelangkaan(scarcity) adalah kondisi persediaan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia yang relatif terbatas sementara kebutuhan manusia tidak terbatas.

Tahukah kalian apa yang menyebabkan benda pemuas kebutuhan itu langka? Kelangkaan benda pemuas kebutuhan itu terjadi karena beberapa sebab:

  • Terbatasnya persediaan sumber alam.
  • Terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah alam.
  • Meningkatnya kebutuhan manusia yang lebih cepat dari kemampuan manusia untuk menghasilkan atau belum ditemukannya sumber-sumber baru.

Kelangkaan barang/sumber daya itu dialami setiap orang, setiap bangsa dan oleh setiap negara. Meskipun situasi dan kondisinya berbeda-beda, pokok masalahnya sama yaitu bagaimana manusia dapat memenuhi kebutuhan yang banyak dan beraneka ragam dan terus bertambah dihadapkan dengan ketersediaan alat pemuas kebutuhan yang terbatas.

Bagaimanakah cara kita menghadapi kelangkaan sumber daya tersebut, sedangkan kebutuhan kita semakin banyak? Barang dan jasa dihasilkan dari perpaduan sumber daya yang langka maka barang dan jasa pun manjadi langka. Barang dan jasa menjadi langka ketika jumlah barang dan jasa yang diminta melebihi jumlah barang dan jasa yang tersedia. Semua kebutuhan manusia tidak mungkin dapat terpenuhi seluruhnya. Seorang yang mempunyai kebutuhan akan mobil mewah, rumah megah serta kebutuhan lain, tidak semua kebutuhan itu dapat terpenuhi.

Dengan pertimbangan bahwa tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi, maka seseorang harus selalu membuat pilihan (choice). Dalam membuat pilihan (choice) akan suatu barang tertentu maka kita akan kehilangan kesempatan untuk memperoleh barang yang lain. Misalnya seorang siswa yang membuat pilihan pada sepeda motor yang baru, maka ia akan kehilangan kesempatan untuk memperoleh sepatu baru, tas baru, baju baru, komputer baru, maupun kebutuhan yang lain.

Masalah kelangkaan bukan merupakan hal yang baru. Hal tersebut beralasan karena kelangkaan merupakan masalah yang mendasar bagi setiap manusia.

Kebutuhan yang tidak Terbatas

Manusia untuk mempertahankan hidupnya membutuhkan makanan dan pakaian. Kebutuhan itu belum lengkap jika belum memiliki rumah tempat berlindung. Ketiga macam kebutuhan di atas merupakan kebutuhan pokok. Setelah manusia dapat memenuhi kebutuhan makanan, pakaian, dan tempat berlindung, maka manusia akan berpikir cara mengisi rumah tersebut. Timbullah kebutuhan perabot rumah tangga, lemari pakaian, tempat tidur dan lain-lain. Namun, walaupun kebutuhan di atas terpenuhi, tetap saja akan muncul lagi kebutuhan yang lain.

Untuk memenuhi kebutuhannya,manusia melakukan berbagai cara dan berbagai pengorbanan. Contohnya, petani bercocok tanam di ladang, pedagang berjualan di pasar, guru mengajar di sekolah, dan ayah bekerja di kantor. Jumlah penduduk yang semakin meningkat dan pesatnya kemajuan zaman, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berdampak langsung kepada kebutuhan manusia. Pada zaman dahulu bepergian cukup dengan berjalan kaki. Sekarang dengan ditemukannya kendaraan bermotor, untuk bepergian dekat pun menggunakan sepeda motor.

Manusia memiliki sifat tidak pernah puas, maka tidaklah mengherankan jika kebutuhan manusia tidak terbatas.Ada beberapa hal yang menyebabkan kebutuhan manusia tidak terbatas, antara lain:

  • Sifat manusia yang tidak pernah puas,
  • Pertambahan penduduk,
  • Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,
  • Perubahan taraf hidup yang semakin meningkat,
  • Kebudayaan yang semakin maju, dan
  • Semakin mudahnya transportasi.

Demikianlah info Sumber Ekonomi Langka dan Kebutuhan yang tidak Terbatas dari admin niatku.com, semoga bermanfaat.