Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandang Ternak Kenari, Jenis dan Cara Membuat

Kandang Ternak Kenari, Jenis dan Cara Membuat - Pada umumnya, bentuk dari sangkar untuk ternak burung kenari dibuat dengan model yang bersunun, maksudnya terbagi antara kandang bagian atas dan kandang bagian bawah, dan tentu bagian itu menempel antara bagian satu dengan bagian yang lain, Model sangkar seperti ini pada umumnya juga digunakan pada usaha ternak burung parkit, lovebird, maupun finch. Meskipun banyak juga peternak burung yang menggunakan sangkar yang biasa, atau tidak bersusun seperti ini.

Kandang Ternak Kenari, Jenis dan Cara Membuat

Kandang pada burung memiliki peranan yang penting dalam kesusksesan usaha ternak kenari, kaena tentu kandang kenari yang bagus akan memberikan kenyamanan tersendiri pada burung kenari yang anda miliki. Kandang burung kenari bukanlah kandang yang sempit, namun lebih pada disesuaikannya besar tubuhnya. Pada umumnya kandang kenari adalah berukuran 45 x 45 x 50 cm serta dilengkapi tangkringan berdiameter 1 cm. Oleh karena itu ukuran kandang juga berpengaruh terhadap kondisi burung kenari. Apabila kandangnya terlalu sempit akan mengakibatkan kesulitan ruang untuk bergerak, sehingga hal ini akan menyebabkan psikologi kenari yang buruk yaitu frustasi bahkan stres, kemudian burung tidak begitu lincah dan mudah sakit-sakitan. Sedangkan bila kandang kenari begitu besar, maka memang burung kenari akan senang dan bebas, sehingga terlihat sangat lincah. Namun untuk ternak kenari, kandang tidak harus terlalu besar, karena agar sang burung juga fokus pada proses perjodohan, hingga pengeraman telurnya.

Kandang Ternak Kenari

Ukuran kandang standar juga bisa anda modifikasi sendiri dengan feeling anda, tentunya disesuaikan dengan karakteristik  pada burung anda. Apabila kandang kenari sudah benar-benar tepat tentu akan mudah dalam proses ternak atau pembudidayaanya, sehingga untuk menghasilkan burung kenari yang bagus dan berkualitas tentu bukanlah hal yang tidak mungkin. Jika berniat untuk benar-benar menjadi peternak kenari yang sukses, tentu dimulai dari pembuatan kandangnya yang sesuai. Jenis Jenis Penyakit pada Burung Kenari ]

Yang perlu anda ketahui bahwa kandang kenari merupakan salah satu poin penting dalam beternak kenari, tapi sebenarnya tidak hanya itu, anda juga harus mengetahui cara perawatannya, pemberian pakan, pembersihan kandang, penjemuran, pemberian nutrisi atau multivitamin, bahkan anda juga harus tahu harga pasaran burung kenari sebagai bahan referensi dalam membeli mapun menjual kenari dari hasil ternak anda. Pengetahuan tentang berbagai macam jenis burung kenari juga perlu, sebagai dasar dalam memilih jenis kenari yang tepat sebagai pilihan untuk usaha ternak. Anda harus tahu jenis jenis-jenis kenari, mulai dari burung kenari Yorkshire, kenari Norwich, Kenari Border, hingga kenari Belgia.

Jenis Kandang Ternak Kenari

Adapun kandang kenari yang ideal berdasarkan kondisi ada 2 jenis, antara lain sebagai berikut:

1. Kandang Tertutup

Pada kandang tertutup ini berfungsi sebagai kandang yang dapat melindungi kenari dari kondisi lingkungan, mulai dari cuaca, angin, dinginnya waktu malam hari, dan lain-lain. Kandang seperti ini juga sangat tepat buat indukan kenari yang sedang dalam proses bertelur, maupun mengerami telurnya agar kondisi dalam kandang tetap hangat dan nyaman. Dengan kandang seperti ini, kestabilan suhu akan tetap terjaga, sehingga burung yang sedang mengerami akan merasa nyaman dan terlindungi.

2. Kandang Terbuka (Kandang Soliter)

Kandang terbuka adalah kandang yang tanpa adanya penutup, karena kandang terbuka memiliki fungsi yang cukup banyak, yaitu dapat melatih mental burung kenari bila kandang seperti ini diletakkan di lungkungan yang kondisinya ramai atau banyak orang yang lewat. Kandang ini juga mudah untuk dilakukannya pemandian dan penjemuran pada burung kenari, cukup ditaruh di luar maka burung kenari akan mendapatkan sinar matahari. Kandang terbuka seperti ini pada umumnya sudah banyak dijual di pasaran , dan kandang soliter merupakan kandang standar burung.

Agar burung kenari mampu hidup dengan sehat dan sesuai maka tentu juga harus memperhatikan kesesuaian kandangnya. Dalam pembuatan kandang kenari selain berpacu pada ukuran 50 x 50 x 50 c m, juga anda juga harus memiliki kreatifitas sebagai upaya untuk menyesuaikan dan memperkirakan bentuk kandang sebagaimana mestinya ataupun yang menurut anda lebih baik, maka lakukanlah. 

Sebelum membuat kandang tentu harus menyediakan berbagai alat dan bahannya, antara lain sebagai berikut:

1. Alat:

  • Sediakan penggaris
  • Gergaji sebagai alat pemotong
  • Parang (opsional)
  • Amplas untuk menghaluskan kayu
  • Pahatan kayu
  • Meteran
  • Tang
  • Palu
  • Kawat

2. Bahan:

  • Bahan bisa dengan menggunakan kayu bambu maupun kayu rotan sebagai jeruji, tentu harus sudah sesuai
  • Gunakan triplek dengan tebal 1 hingga 2 cm
  • Siapkan paku besar maupun kecil
  • Siapkan juga lem kayu
  • Untuk keindahan pada tampilan kandang, maka sediakan juga cat kayu
  • Siapkan plamir sebagai penghalus kayu

Cara Membuat Kandang Ternak Kenari

Adapun cara membuat kandang kenari adalah sebagai berikut:

  • Triplek yang tersedia harus dipotong menjadi 3 bagian, yaitu bagian atap, bagian bawah, dan bagian belakang. Potonglah masing-masing triplek sesuai ukuran 90x45 cm.
  • Sebagai pendamping pada bagian sisi kanan, kiri, dan tengah, maka triplek juga harus dipotong menjadi 3 bagian yang ukuran potongannya harus sama, yakni sesuai ukuran 45x45 cm.
  • Triplek-triplek yang telah anda potong tersebut pasang dan sambungkan dengan lem maupun paku hingga membentuk sebuah kotak yang berukuran 90x45 cm, setelah itu psekat bagian tengah kotak tersebut hingga menjadi 2 bagian yang berukuran 45x45 cm.
  • Pasangkan jeruji kayu maupun rotan yang tersedia pada bagian depan kandang, dan jangan lupa untuk memberikan sedikit lubang sebagai pintu.dikit
  • Langkah terakhir adalah lakukan plamir dan pemberian warna cat pada kandang yang telah dibuat, kemudian lakukan penjemuran.