Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya - Teks anekdot adalah cerita singkat yang mengandung unsur kelucuan yang biasanya mengenai orang penting berdasarkan kejadian sebenarnya. Meskipun terdapat pandangan lain bahwa teks anekdot tidak harus berdasarkan pada kenyataan. 

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Fungsi teks anekdot adalah mengkritik atau menyindir penguasa mengenai kebijakan, pelayanan, kejadian, dan fenomena dengan cara yang lebih menghibur sehingga menarik perhatian khalayak banyak. Struktur teks anekdot terdiri dari abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. 

Struktur Teks Anekdot

Berikut adalah penjelasan struktur teks anekdot. 

1. Abstraksi

Abstraksi atau gambaran umum adalah pendahuluan yang menyatakan secara ekslamasif gambaran umum teks anekdot. Biasanya pada bagian ini terdapat hal unik dalam teks anekdot.

2. Orientasi

Orientasi atau pengenalan adalah bagian yang berisi awal kejadian peristiwa atau konflik utama. Orientasi juga berisi latar belakang bagaimana suatu peristiwa bisa terjadi. Umumnya penulis akan bercerita secara detail pada bagian ini. Orientasi menjadi bagian yang menyebabkan timbulnya krisis .

3. Krisis

Krisis atau masalah/komplikasi adalah bagian dari inti teks anekdot yang mengandung hal lucu yang menggelak tawa. Krisis juga berisi hal yang unik yang terjadi pada penulis atau orang yang diceritakan.

4. Reaksi

Reaksi adalah tanggapan atas krisis dalam teks anekdot yang dapat berupa sikap mencela atau menertawakan. Reaksi juga dapat mengandung cara penulis menyelesaikan permasalahan dalam krisis.

5. Koda

Koda atau penutup adalah bagian penutup yang berisi kesimpulan yang menandai berakhirnya teks anekdot. Kesimpulan tersebut dapat berupa komentar, persetujuan, atau penjelasan atas teks anekdot. Umumnya dicirikan mengandung kata seperti akhirnya, itulah, atau demikianlah. Koda sesunggunya bersifat opsional, sehingga boleh dicantumkan atau tidak. Koda juga dapat berisi perubahan yang terjadi pada penulis atau orang yang diceritakan dalam cerita.

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya tentang Pembelajaran Online

Abstrak:

Pandemi sudah berjalan dua tahun. Banyak siswa baru yang akan masuk jenjang sekolah baru. Termasuk juga Andi yang tahun ini akan masuk sekolah dasar untuk pertama kali. Tapi karena masih dalam keadaan pandemi sekolah di Indonesia masih diadakan secara online. Singkatnya, setelah ibunya mendaftarkan Andi ke sebuah sekolah dasar, pembelajaran online dimulai pada hari Senin.

Orientasi:

"Andi, ayo siap-siap. Pakai seragamnya. Sebentar lagi sekolah dimulai. Kamu pakai HP punya kakak,Ya," kata Ibu Andi dari dapur.

Krisis:

Andi yang memang dikenal semangat ketika sekolah mendadak merengek ke Ibunya karena tidak dibelikan HP sendiri. Tapi ibunya mengatakan sekarang belum memiliki uang karena Ayah sudah lama tidak kerja. Untuk biaya hidup sehari-hari terpaksa kakak Andi ikut bekerja membantu kedua orang tuanya. Meskipun sedang menempuh kuliah, tapi hal itu tidak menyurutkan semangat kakak Andi.

Andi yang memang anak penurut akhirnya mengangguk dan mau melanjutkan pembelajaran online yang akan segera dimulai.

"Kamu pencet yang ini, nanti ada Ibu guru atau Bapak guru yang akan mengajar," kata ibu Andi sebelum meninggalkan Andi menuju ke dapur.

Sesampainya dapur, ibu Andi merasa lega akhirnya anak bungsunya sudah mulai sekolah. Terdengar suara Pak Guru yang sedang mengajar dan menyapa Andi.

Keesokan harinya, Andi kembali berulah. Andi tidak mau memakai seragam ketika sekolah online. Andi mengatakan bahwa semua teman-temannya tidak ada yang memakai seragam putih merah seperti dia. Ibunya yang saat itu sedang pusing memikirkan beras di rumah yang sudah mau habis akhirnya memarahi Andi dan menyuruhnya segera memakai seragam. 

lagi-lagi, karena Andi memang dasarnya anak yang penurut akhirnya mau memakai seragam dan melanjutkan pembelajaran onlinenya.

Keesokan harinya, Andi kembali berulah ia tidak mau lagi sekolah online. Andi mengatakan bahwa dia tidak bisa memahami apa yang dijelaskan oleh pak guru yang ada di HP. Andi menangis sambil mengatakan bahwa dirinya ternyata anak yang bodoh. Andi tidak mau sekolah lagi dan mau menyusul kakaknya bekerja.

"Andi mau jadi youtuber aja kayak kakak," kata Andi merengek ke ibunya.

"Sudah gak usah ikut-ikut kakak, toh kakaknya sampai sekarang belum dapat uang dari youtubenya. Andi tetep sekolah saja. Biar bapak sama ibu yang cari uang. Memangnya kenapa Andi tidak mau sekolah?" ibu Andi akhirnya tidak mau lagi memarahi anaknya.

"Andi tidak paham apa kata Pak guru di sana. Andi gak ngerti. Andi juga diketawain karena pakai seragam sama teman-teman," kata Andi.

Reaksi:

Akhirnya karena penasaran dengan perkataan Andi, ibunya memeriksa HP yang dipakai Andi selama pembelajaran online.

"Astaghfirullah. Ini bukan pembelajaran online SD, Ndi. Ini kelas kuliahnya kakakmu. Pantas saja kamu gak ngerti yang diajarkan Pak Gurunya," kata ibu Andi sambil memegang dahinya diikuti oleh gelak tawa dosen dan mahasiswa dari HP.

Koda:

"Maaf, Pak Dosen. Ini anak saya masih SD. Saya gak kuat kalau bayar kuliah lagi. Maaf, Pak Dosen," kata ibu Andi diikuti gelak tawa yang lebih keras lagi dari HP.

Contoh Teks Anekdot tanpa Strukturnya

Suatu hari terdapat dua warga negara indonesia sedang mengobrol disekitar pesisir pantai salah satu tempat di indonesia, mereka bernama doni dan dodi. Mereka sedang membicarakan seseorang warga asing. “Hey lihat tuh, ada orang bule yang hanya memakai pakaian dalamnya saja.” kata doni. Si dodi hanya menjawab “Ah… itu hanya hal yang sudah biasa bagi dia.” lalu doni heran heran dan berfikir apa benar sudah biasa? dan bertanya. “sudah biasa darimana? tuh, teman kita yang asli orang indonesia memakai pakaian yang sama malah ditertawakan dan dia dianggap gila oleh orang lain.” Dodi berfikir dan mengerutkan keningnya. “iya juga sih, lantas siapa yang gila?.”lalu mereka terdiam karena memikirkannya dan beberapa menit kemudian mereka mengabaikannya lalu melanjutkan aktifitas seperti biasa.