Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Teks Anekdot

Struktur Teks Anekdot - Teks anekdot adalah sebuah cerita singkat yang mengandung unsur lucu, namun juga memiliki kandungan untuk mengkritik seseorang atau menyindir lewat kata-kata yang lucu itu, dan biasanya kritikan yang terdapat dalam teks anekdot terdapat dalam cerita tentang hukum, layanan publik atau umum, sosial, di lingkungan pendidikan seperti sekolah dan lain-lain.

Struktur Teks Anekdot

Struktur Teks Anekdot

Secara garis besar struktur teks anekdot terdiri dari 5 struktur yaitu abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. Berikut penjelasan lengkapnya untuk tiap bagian struktur anekdot.

Abstraksi

Abstraksi adalah suatu bagian yang berada di awal paragraf yang memiliki fungsi untuk menjelaskan gambaran tentang isi teks tersebut. di bagian abstraksi dalam teks anekdot biasanya memberi petunjuk tentang suatu hal yang unik dalam teks tersebut.

Orientasi

Orientasi adalah suatu bagian yang memberikan petunjuk tentang awal kejadian cerita atau latar belakang dari suatu peristiwa tentang bagaimana hal itu bisa terjadi. Dalam bagian ini penulis biasanya menceritakan hingga mendetail. Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya ]

Krisis

Krisis adalah suatu bagian yang menunjukkan  dimana terjadinya suatu peristiwa atau masalah yang unik atau masalah yang tidak akan terjadi pada orang yang diceritakan maupun penulis sendiri.

Reaksi

Reaksi adalah suatau bagian dari cara penulis atau bisa juga orang yang ditulis untuk menyelesaikan masalah yang timbul atau terjadi di bagia krisis tadi.

Koda

koda adalah sutau bagian yang menjadi akhir dari cerita unik tersebut. Di bagian koda teks anekdot biasanya terdapat suatu kesimpulan dari kejadian atau peristiwa yang dialami oleh tokoh yang di tulis maupun penulis itu sendiri.

Tujuan Teks Anekdot

Tujuan teks anekdot itu sendiri yaitu untuk membangkitkan tawa, akan tetapi tidak hanya itu juga untuk mengungkapkan suatu kebenaran dari suatu peristiwa atau kejadian dengan siafat menyindir. Tujuan teks anekdot juga bisa diartikan sebagai karya untuk menggambarkan sifat karakter dengan kata-kata yang lucu dan sindiran yang halus sehingga tidak menjadi provokasi.

Ciri-ciri Teks Anekdot

Nah, mengenai ciri-ciri teks aekdot pastiguna telah menyajikan tentang ciri-ciri anekdot yang pokok saja, karena menurut pastiguna ciri-ciri anekdot di bawah ini sudah cukup sebagai pengetahuan dasar tentang teks anekdot.

  • Tokah aktual
  • Mempunyai alur/plot
  • Mempunyai latar waktu, tempat dan suasana
  • mempunyai pendapat aspirasi (opini)
  • Menyindiir (sarkaasme)

Kaidah-kaidah Teks Anekdot

Kemudian pastiguna akan menjelaskan bagaimana tentang kaidah-kaidah teks anekdot yang harus di penuhi. Jadi pada dasarnya semua teks memiliki kaidah-kaidah tersendiri seperti kaidah anekdot dibawah ini.

  • Mengandung kebenaran (factual)
  • Bahasa yang digunakan harus lugas
  • Sesuai dengan struktur seperti diatas
  • Terdapat pelajaran dari peristiwa yang ada dalam teks anekdot tersebut
  • Merupakan cerita lucu atau cerita yang membuat tawa
  • Seseorang bisa mengambil pelajaran dari teks tersebut karen mengandung unsur kebenaran