Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer

Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer - Keberadaan lapisan ozon bukan hanya sebagai penghias lapisan atmosfer Bumi semata, namun keberadaan lapisan ozon ini tentulah membawa manfaat tertentu bagi Bumi. Keberadaan lapisan ozon yang ada di atmosfer ini memiliki fungsi untuk melindungi Bumi dari berbagai gangguan yang berasal dari luar angkasa.

Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer
Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer

Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer

Fungsi lapisan ozon di atmosfer yang  paling populer di masyarakat yaitu dapat melindungi permukaan Bumi dari radiasi sinar ultraviolet dari matahari yang menyebabkan kanker.

Sinar ultraviolet atau biasa disebut dengan UVB berasal dari matahari.

Lapisan ozon ini mampu menyerap porsi sinar ultraviolet tersebut agar tidak berlebihan ketika mencapai dipermukaan Bumi. Terlalu banyak porsi sinar ultraviolet yang mencapai permukaan Bumi akan sangat membahayakan bagi kehidupan mahluk hidup dibumi. Sinar ultraviolet ini seringkali dihubungkan dengan berbagai efek berbahaya, tidak hanya kanker kulit saja, namun juga katarak, kerusakan pada tanaman- tanaman dan bahan- bahan tertentu, dan juga berbagai bentuk kehidupan ekosistem laut .

Sedangkan jika lapisan ozon berada di dekat dipermukaan Bumi, maka akan berubah menjadi sifat racun yang dapat merusak paru- paru manusia yang menghirupnya. Maka dari itulah sangat penting keberadaan lapisan ozon ini di atmosfer Bumi untuk melindungi Bumi dari berbagai gangguan yang dapat membahayakan kehidupan manusia dan makhluk hidup di Bumi serta kelestarian Bumi itu sendiri.

Agar lebih jelas dan terperinci, berikut adalah fungsi dari lapisan ozon ini :

1. Mengatur Porsi Sinar Ultraviolet Yang Akan Masuk Ke Permukaan Bumi

Sinar ultraviolet yang mempunyai panjang gelombang 280 hingga 315 mm ini sebagian besar diserap oleh lapisan ozon, sehingga sinar ultraviolet yang sampai ke permukaan Bumi jumlahnya sangat sedikit. Karena porsinya yang hanya sedikit inilah sinar ultraviolet tidak terlelu membawa efek buruk yang signifikan bagi makhluk hidup yang ada di Bumi.

2. Melindungi Bumi Dari Sinar Ultraviolet

Selain dapat mengatur jumlah atau porsi sinar ultraviolet yang sampai ke permukaan Bumi, lapisan ozon juga sedikit banyak membantu menghalang- halangi sinar matahari agar tidak sampai mengenai permukaan Bumi secara langsung. Apabila sinar ultraviolet mengenai permukaan Bumi secara langsung maka hal ini kan menjadi sesuatu yang sangat membahayakan, terutama bagi seluruh kegidupan mahkluk hidup yang ada di dalam bumi ini.

3. Menyerap Sinar Ultraviolet

Masih serangkaian dengan fungsi lapisan ozon terhadap sinar ultraviolet, lapisan ozon ini juga dapat menyerap sinar ultraviolet. Maka dari itulah di lingkungan atmosfer Bumi akan banyak kita dapati sinar ultraviolet yang diserap oleh lapisan ozon ini.

4. Melindungi Bumi Dari Benda – Benda Langit yang Jatuh

Fungsi lapisan ozon yang selanjutnya adalah melidungi Bumi dari jatuhnya benda- benda dari langit. Kita semua sudah mengetahui bahwasannya di luar angkasa banyak kita temui benda- benda langit, seperti komet, dan lain sebagainya. Benda- benda langit tersebut dapat saja bergeser dari tempatnya atau bahkan jatuh.

Jatuhnya benda langit ini disebut dengan Meteor ini tidak bisa ditentukan arah jatuhnya, sehingga ada kemungkinan besar akan jatuh menuju ke Bumi. Ketika jatuhnya meteor ini menuju ke permukaan Bumi, maka meteor tersebut akan dapat melewati lapisan atmosfer Bumi (salah satunya yaitu lapisan ozon). Ketika menelusuri lapisan atmosfer Bumi, maka meteor ini akan terbakar. Pembakaran yang dilakukan oleh lapisan atmosfer ini akan dapat menimbulkan cahaya, sehingga kita akan melihatnya layaknya bintang jatuh.

Pembakaran yang terjadi pada meteor itu akan dapat menghanguskan meteor sehingga benda langit tersebut tidak langsung mengenai permukaan Bumi. Apabila meteor tersebut tidak hangus dan langsung menuju  ke permukaan Bumi, maka hal ini dapat menimbulkan Bahaya yang besar bagi Bumi dan beserta isinya.

5. Menjaga Kestabilan Suhu Yang Ada diBumi, Sehingga Pemanasan Global Pun Bisa Berkurang

Salah satu permasalahan global yang dialami Bumi dan menjadi sorotan utama akhir- akhir ini yaitu tentang pemanasan global. Pemanasan global dapat diartikan sebagai naiknya suhu udara rata- rata Bumi sehingga menyebabkan berbagai dampak yang buruk. Salah satu dampak buruk dari pemanasan global yaitu mencairkan es  yang ada di kutub sehingga permukaan laut meningkat.

Salah satu fungsi yang dimiliki oleh lapisan ozon yaitu menstabilkan suhu yang ada di Bumi, sehingga  tidak terasa begitu panas. Stabilnya suhu yang ada di Bumi ini juga dapat mengurangi pemanasan global, sehingga berbagai dampak buruk dari pemanasan global tidak akan terjadi.

Itulah merupakan  fungsi atau manfaat dari lapisan ozon ini ketika berada di lapisan atmosfer Bumi. Perlu ditekankan  lagi bahwasannya ketika gas ozon ini berada di dekat permukaan Bumi, maka gas ozon ini akan berubah menjadi gas yang beracun dan bisa mengganggu paru- paru manusia yang menghidru gas tersebut.