Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerhana

Gerhana - Pernahkah kamu mengalami ketika siang hari tiba-tiba secara tidak terduga Matahari menghilang dari langit, sesaat kemudian suasana berubah menjadi gelap dan kemudian Matahari muncul kembali dan memancarkan sinarnya? Peristiwa tersebut adalah gerhana. Dalam artikel ini kita akan membahas proses terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan yang merupakan bagian Materi IPA Kelas 7 Semester 2.

Gerhana

Apakah yang menyebabkan terjadinya gerhana? Gerhana terjadi ketika posisi Bulan dan Bumi menghalangi sinar Matahari, sehingga Bumi atau Bulan tidak mendapatkan sinar Matahari. Gerhana juga merupakan akibat dari pergerakan Bulan. Ada dua jenis gerhana, yaitu gerhana Matahari dan gerhana Bulan.

1. Gerhana Matahari

Gerhana Matahari terjadi ketika bayangan Bulan bergerak menutupi permukaan Bumi. Dimana posisi Bulan berada di antara Matahari dan Bumi, dan ketiganya terletak dalam satu garis. Gerhana Matahari terjadi pada waktu Bulan baru.

Proses terjadinya gerhana Matahari
Proses terjadinya gerhana Matahari

Akibat ukuran Bulan lebih kecil dibandingkan Bumi atau Matahari, maka terjadi tiga kemungkinan gerhana, yaitu sebagai berikut.

a. Gerhana Matahari total, terjadi pada daerah-daerah yang berada di bayangan inti ( umbra ), sehingga cahaya Matahari tidak tampak sama sekali. Gerhana Matahari total terjadi hanya sekitar 6 menit.

b. Gerhana Matahari cincin, terjadi pada daerah yang terkena lanjutan , sehingga Matahari kelihatan seperti cincin.

c. Gerhana Matahari sebagian, terjadi pada daerah-daerah yang terletak di antara umbra dan panumbra (bayangan kabur), sehingga Matahari kelihatan sebagian.

2. Gerhana Bulan

Gerhana Bulan terjadi ketika Bulan memasuki bayangan Bumi. Gerhana Bulan hanya dapat terjadi pada saat Bulan purnama. 

Proses terjadinya gerhana Bulan
Proses terjadinya gerhana Bulan

Gerhana Bulan terjadi apabila Bumi berada di antara Matahari dan Bulan. Pada waktu seluruh bagian Bulan masuk dalam daerah umbra Bumi, maka terjadi gerhana Bulan total. Proses Bulan berada dalam panumbra dapat mencapai 6 jam, dan dalam hanya sekitar 40 menit.