Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Membaca Cepat

Teknik Membaca Cepat - Membaca dengan teknik cepat termasuk dalam jenis membaca ekstensif. Kegiatan membaca suatu teks dengan teknik cepat hanya digunakan untuk memahami bacaan-bacaan yang ringan saja dan tidak memerlukan pemahaman yang mendalam. Mungkin sahabat bertanya bahwa Apa saja bacaan yang dapat dibaca dengan teknik cepat? Jawabannya: Bacaan yang cocok untuk teknik cepat antara lain cerpen, novel, artikel, atau bacaan yang ringan dan tidak memerlukan pemahaman yang mendalam. Namun sebelum masuk ke pembahasan utama yakni teknik-teknik membaca cepat, sahabat terlebih dahulu harus tahu pengertian membaca cepat.

Teknik Membaca Cepat

Pengertian Membaca Cepat

Ada beberapa pengertian membaca cepat, diantaranya:

  1. Menurut Soedarso dalam Yasrul Effendi mengatakan bahwa metode speed reading/membaca cepat merupakan semacam latihan untuk mengelola secara cepat proses penerimaan informasi. Seseorang akan dituntut untuk membedakan informasi yang diperlukan atau tidak. Informasi itu kemudian disimpan dalam otak.
  2. Menurut Nurhadi menyatakan bahwa membaca cepat dan efektif ialah jenis membaca yang mengutamakan kecepatan, dengan tidak meninggalkan pemahaman terhadap aspek bacaannya (1987:31-32).
  3. Menurut Muchlisoh (1992:149) mengatakan bahwa membaca cepat bukan berarti jenis membaca yang ingin memperoleh jumlah bacaan atau halaman yang banyak dalam waktu yang singkat. Jenis membaca ini dilaksanakan tanpa suara.

Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian membaca cepat adalah jenis membaca yang mengutamakan kecepatan dengan menggunakan gerakan mata dan dilakukan tanpa suara yang bertujuan untuk memperoleh informasi secara tepat dan cermat dalam waktu singkat.

Teknik Membaca Cepat

Agar sahabat dapat membaca dengan waktu yang singkat dengan teknik cepat, perhatikan beberapa langkah-langkah berikut ini.

  1. Lakukanlah kegiatan membaca dengan penuh konsentrasi.
  2. Temukanlah kata kunci di setiap paragraf atau sub bab.
  3. Hindarilah membaca dengan regresi/pengulangan.
  4. Capailah pemahaman secara umum, bukan dari detail rincian informasi saja.
  5. Temukan informasi dari hasil membacamu.

Tips-tips Menguasai Teknik Membaca Cepat

Berikut ini beberapa alternative tips yang dapat sahabat terapkan untuk melakukan proses membaca cepat:

1. Banyak latihan

Sahabat telah menghabiskan waktu beberapa tahun untuk belajar membaca, dan tentu saja akan memakan waktu untuk meningkatkan kemampuan membaca sahabat. Coba sahabat menerapakan apa yang telah sahabat pelajari dalam membaca dengan terus mengulang membaca secara kontinu.

2. Pilih materi yang mudah atau disenangi untuk memulai

Ketika sahabat mulai belajar membaca cepat, jangan menggunakan textbook yang menantang. Bacalah sesuatu seperti novel atau majalah, yang sahabat dapat nikmati dan pahami dalam satu kali baca. Tentunya dengan tema yang sahabat senangi.

3. Materi yang tepat

Sahabat harus pahami bahwa tidak semua yang sahabat baca cocok untuk dibaca secara cepat. Seperti memahami maksud dengan sepenuhnya, mengingat informasi, mendiskusikan secara rinci, menganalisis secara menyeluruh, atau sekedar menikmati prosa dengan cara penulis maksudkan, maka membaca cepat adalah pendekatan yang kurang tepat diterapkan.

4. Manfaatkan dokumen legal, draft laporan tahunan, atau bahkan surat yang sahabat terima dari orang yang disayangi

Semua ini lebih baik dibaca secara keseluruhan termasuk metode sub-vokalisasi.

5. Gunakan pointer atau alat lainnya untuk membantu mendorong kecepatan membaca sahabat

Ketika sahabat dengan cepat menarik sebuah benda yang digunakan sebagai alat bantu ke bagian bawah halaman, atau menggerakkan jari sahabat bolak-balik, sahabat memaksa mata sahabat dan otak untuk mengikuti.

6. Ambil satu langkah ke belakang dan gunakan struktur materi tersebut

Ini termasuk mendapatkan informasi secara cepat mengenai layout teks, mencari kata-kata yang dihuruf tebal, judul, sub judul, dan mencari cara-cara di mana penulis melakukan transisi dari satu topik ke topik berikutnya.

7. Bersikap bijaksana

Ketika sahabat mulai belajar membaca cepat, adalah bijaksana untuk membandingkan dengan kecepatan membaca sahabat saat ini. Dengan cara ini sahabat dapat memberitahu apakah latihan sahabat berhasil atau tidak, dan sahabat mendapatkan kesan positif dari teman-teman dan keluarga sahabat ketika sahabat memberitahu mereka bahwa sahabat saat ini dapat membaca lebih cepat.

Faktor Penghambat Kecepatan Membaca Cepat

Jika sahabat masih belum memiliki peningkatan kecepatan membaca serta pemahaman dalam membaca cepat, kemungkinan terpengaruh oleh beberapa faktor-faktor tertentu. Ada beberapa faktor yang menghambat membaca cepat:

  1. Kosakata yang kurang
  2. Regresi (membaca kembali bahan yang sama secara berulang)
  3. Subvokalisasi (melafalkan kata di pikiran ketika membacanya)
  4. Persepsi yang salah (bisa karena gerakan mata yang salah atau masa persepsi yang lambat)

Kecakapan membaca dan memahami teks dalam tingkatan tinggi Rata-rata orang dengan pendidikan setingkat sekolah tinggi membaca sekitar 300 kata per menit, berarti bahan itu tidaklah bersifat teknis. Di sisi lain, pembaca cepat dapat membaca lebih dari 1000 kata per menit.

Namun beberapa sumber menyebutkan ukuran kecepatan membaca cepat sebagai berikut:

  1. Pascasarjana = 400 kpm (kata per menit)
  2. Mahasiswa = 325 kpm (kata per menit)
  3. SMA = 250 kpm (kata per menit)
  4. SD / SMP = 200 kpm (kata per menit)

Berapa standar untuk kecepatan efektif membaca (KEM) sebagaimana dikutip dari Modul 2 Kecepatan Efektif Membaca:

  1. SD = 80–140 Kpm (kata per menit)
  2. SMP = 140–175 Kpm (kata per menit)
  3. SMA = 175–245 Kpm (kata per menit)
  4. Perguruan Tinggi = 245–280 Kpm (kata per menit)