\

Situs Belajar

Permintaan Perseorangan dan Permintaan Pasar

Permintaan Perseorangan dan Permintaan Pasar – Pada kesempatan ini admin niatku.com akan berbagi tentang Permintaan Perseorangan dan Permintaan Pasar. Permintaan terhadap barang dan jasa dapat dibedakan menjadi 2, yaitu permintaan yang dilakukan oleh individu/perorangan tertentu dan permintaan yang dilakukan oleh semua orang di pasar. Oleh sebab itu dalam analisis perlu dibedakan antara kurva permintaan perseorangan dan kurva permintaan pasar. Kurva permintaan pasar diperoleh dengan menjumlahkan kurva permintaan berbagai individu.
Permintaan Perseorangan adalah permintaan sejumlah barang dan jasa pada waktu dan tingkat harga tertentu.
Permintaan Pasar adalah permintaan terhadap sesuatu barang di pasar pada waktu dan harga tertentu yang dilakukan oleh sekelompok konsumen.
Suatu gambaran hipotesis untuk memperoleh permintaan pasar. Misalnya, terdapat 2 orang pembeli dalam suatu pasar beras, yaitu Ana dan Beta. Permintaan dari masingmasing pembeli dan permintaan pasar adalah sebagai berikut.
Permintaan Perseorangan dan Permintaan Pasar

Keterangan:
Permintaan Ana dan Beta terhadap beras pada harga di antara Rp5.000,00 dan Rp. 1.000,00. Permintaan pasar diperoleh dengan menjumlahkan banyaknya barang yang diminta oleh Ana dan Beta pada setiap tingkat harga. Berdasarkan data tabel dapat dibuat kurva permintaan terhadap beras oleh Ana, Beta dan pasar. Kurva Daadalah kurva permintaan Ana sedangkan Db adalah kurva permintaan Beta dan Dm(Demand Market) adalah kurva permintaan yang diperoleh dengan penjumlahan kurva permintaan Ana dan Beta. Permintaan pasar ditunjukkan contohnya yaitu, pada harga Rp3.000,00 per kg, jumlah beras yang diminta oleh Ana dan Beta, yaitu 30 kg + 20 kg = 50 kg.

Hukum Permintaan

“Semakin rendah harga suatu barang, maka makin banyak jumlah barang yang diminta dan sebaliknya semakin tinggi harga suatu barang, maka jumlah yang diminta berkurang”
Baca :

Hukum permintaan adalah suatu peraturan yang harus diikuti dalam perdagangan valas, bersama dengan Hukum penawaran, kedua hukum ini akan membentuk “trend”. Ilustrasi yang baik dapat saya gambarkan sebagai berikut :

Jika permintaan akan mata uang USD naik, maka nilai dari mata uang USD akan naik, dan jika permintaannya turun, maka nilai mata uang USD juga turun. Inilah dasar dari sebuah trend dalam perdagangan valas. Suatu nilai mata uang naik dikarenakan banyaknya permintaan atas mata uang yang bersangkutan. Jadi jika trend sedang naik (permintaan tinggi), yang anda perlu lakukan adalah melakukan posisi long (buy) mengikuti arus yang sedang ada.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Permintaan Perseorangan dan Permintaan Pasar dari admin niatku.com, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Permintaan Perseorangan dan Permintaan Pasar