Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Pembentukan Chuo Sangi In

Sejarah Pembentukan Chuo Sangi In – Sebagaimana telah disebutkan, tahun 1942, posisi pasukan tentara Jepang di Pasifik  mulai terdesak. Untuk menarik dukungan penduduk di negara jajahan, Jepang merencanakan  memberi kemerdekaan kepada Birma dan Filipina. Rencana itu tidak menyebut nasib Indonesia.

Sejarah Pembentukan Chuo Sangi In

Sejarah Pembentukan Chuo Sangi In

Oleh karena itu, Ir. Soekarno dan Moh. Hatta mengajukan protes kepada Jepang Menanggapi protes dan ancaman dan tokoh-tokoh nasionalis di Indonesia, pemerintah  Jepang kemudian menempuh kebijaksanaan partisipasi politik. Maksudnya, memberikan  peran aktif kepada tokoh-tokoh Indonesia di dalam lembaga pemerintahan.

Untuk ini telah  diambil langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pembentukan Dewan Pertimbangan Pusat (Chuo Sangi In).
  • Pembentukan Dewan Pertimbangan Keresidenan (Shu Shangi Kai).
  • Tokoh-tokoh Indonesia diangkat sebagai penasihat di berbagai departemen.
  • Pengangkatan orang-orang Indonesia ke dalam pemerintahan dan organisasi resmi lainnya. Agama dan Kebudayaan Hindu di India ]

Sebagai tindak lanjut dari rencana tersebut, maka pada tanggal 5 September 1943, Saiko Shikikan(Kumaikici Harada) mengeluarkan Osamu SeireiNo. 36 dan 37 tentang pembentukan  Chuo Sangi Indan Chuo Sangi Kai. Hal yang boleh dibahas atau dirundingkan dalam Chuo  Shangi In antara lain :

  • pengembangan pemerintahan militer
  • mempertinggi derajat rakyat
  • pendidikan dan penerangan
  • industri dan ekonomi,
  • kemakmuran dan bantuan sosial, serta
  • kesehatan.

Pada Sidang Chuo Sangi In I, tanggal 17 Oktober 1943 dilantik secara resmi, ketua Chuo  Sangi In, yakni Soekarno dan dua orang wakil ketua, yakni R.M.A.A. Kusumo Utoyodan dr. Buntaran Martoatmojo. Anggota Chuo Sangi In boleh mengajukan usul-usul, tetapi semua  keputusan tergantung pada pemerintah di Tokyo.

Pada tanggal 15 November 1943, delegasi Chuo Sangi In yang terdiri atas Ir. Soekarno,  Moh. Hatta, dan Bagus Hadikusumo diundang ke Jepang. Pada kesempatan pertemuan  dengan PM Tojo, delegasi Chuo Sangi In minta agar Indonesia diizinkan mengibarkan  bendera Sang Merah Putih dan diizinkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya,  serta mendesak agar Indonesia disatukan dalam satu pemerintahan. Permintaan ini ditolak  PM. Tojo.

Dalam tahun 1944, Jepang semakin terdesak di dalam Perang Asia Timur Raya.  Kemunduran-kemunduran pasukan Jepang dan masalah-masalah lain yang dihadapi  menyebabkan jatuhnya kabinet Tojo. Ia kemudian digantikan oleh PM. Koiso pada tanggal  18 Juli 1944. Kerajaan Islam di Demak ]

Pada masa pemerintahan PM Koiso, situasi perang semakin memburuk. Jepang semakin  terdesak untuk mendapatkan dukungan bangsa Indonesia dalam berbagai pertempuran,  pada tanggal 7 September 1944, PM Koiso mengeluarkan pemyataan bahwa Indonesia akan diberi kemerdekaan di kemudian hari. Pernyataan ini kemudian terkenal dengan sebutan  Janji Koiso.

Dari segi perjuangan untuk segera mencapai kemerdekaan, keberadaan Chuo Sangi  In tidak banyak berarti. Akan tetapi adanya badan itu semakin menambah wawasan dan  pengalaman-bagi para anggota. Hal ini penting, karena para anggota Chuo Sangi In umumnya  adalah para pejuang nasionalis yang bercita-cita mencapai kemerdekaan.