Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komposisi Sel

Komposisi Sel - Semua sel penyusun organisme memiliki membran plasma, sitoplasma dan inti sel (Thibodeau & Patton, 2000). Sebelumnya, masih ingatkah Kalian struktur dan fungsi dari tiga unit/komponen dasar struktur sel tersebut? Untuk mengingat lagi struktur dan fungsi membran plasma, sitoplasma, dan inti sel.

Komposisi Sel

Membran Plasma

Seperti sudah Kalian ketahui bahwa membran plasma merupakan salah satu struktur yang penting untuk sel. Diketahui bahwa membran plasma atau membran sel merupakan struktur pembatas antara sitoplasma dan permukaan luar sel. Sampai saat ini, teori dari Singer dan Nicolson yang menjelaskan membran sel berdasarkan model mosaik cair (Fluid mosaic model) yang diterima (Subowo, 2006). Teori tersebut menjelaskan bahwa membran sel terdiri atas protein yang tersusun seperti mozaik (tersebar) dan masing-masing tersisip di antara dua lapis fosfolipid.. Sebagai tambahan referensi untuk memahami tentang membran plasma.

Membran Plasma

Sitoplasma

Hampir semua aktivitas sel terjadi di dalam sitoplasma. Sitoplasma merupakan organisasi kompleks senyawa organik dan an organik bagian eksternal membran inti sel. Sitoplasma ini adalah bagian dari protoplasma yang berada diantara membran plasma dan membran inti sel, meliputi sitosol dan organel organel yang terikat membran. seperti mitokondria dan kloroplas. Apakah yang dimaksud dengan sitosol? berikut adalah penjelasannya.

a. Sitosol

Bagian yang berupa cairan dari sitoplasma dikenal dengan istilah sitosol. Sitosol ini adalah matriks cair yang mengelilingi organel-organel yang berada di dalam sel. Seringkali sitosol ini dikatakan sebagai matriks sel, cytomatrix, atau cytoplasmic matrix.

Terdapat karakteristik yang khas dari sitosol atau matriks sel ini. Sitosol digambarkan sebagai struktur yang dinamis. Struktur ini dapat berubah dari cair menjadi gel dan kemudian berubah kembali menjadi cair. 

b. Organel

Sebagian besar organel sel tidak dapat kita amati menggunakan mikroskop cahaya. Untuk mengetahui struktur sel secara mendetail, para peneliti menggunakan mikroskop elektron. Unit struktur sel yang dapat diamati menggunakan mikroskop elektron disebut dengan istilah ultrastruktur (Jones dkk., 2008).

Apa sebenarnya arti organel? seperti halnya organisme yang memiliki organ-organ tubuh dan memiliki fungsi tertentu, sel pun memiliki “organ kecil” yang disebut organel (Kennedy, 2009). Organel memiliki fungsi tertentu. Setiap organel memiliki struktur spesifik yang mendukung fungsinya masing-masing.

Sebagian besar organel sel tidak dapat kita amati menggunakan mikroskop cahaya. Untuk mengetahui struktur sel secara mendetail, para peneliti menggunakan mikroskop elektron. 

Inti Sel

Masih ingatkah Kalian tentang inti sel? apakah yang dimaksud dengan inti sel? apakah fungsi dari inti sel tersebut? Inti sel atau nukleus pertama kali ditemukan dalam sel tumbuhan oleh Robert Brown tahun 1831 (Subowo, 2006). Sel yang tergolong dalam sel eukariotik, mempunyai inti sel yang jelas, karena materi genetik/materi inti diselubungi oleh membran inti. Jika Kalian mengamati inti sel melalui mikroskop maka inti sel biasanya ada di tengah-tengah sel dan dikeliling oleh sitoplasma. Inti sel memiliki anak inti/nukleolus dan membran inti (untuk sel eukariotik).