Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menempatkan Persegi Panjang pada Bingkainya

Menempatkan Persegi Panjang pada Bingkainya – Pada kesempatan ini admin niatku.com akan berbagi tentang Menempatkan Persegi Panjang pada Bingkainya, sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Persamaan dan Pertidaksamaan Eksponen.

Menempatkan Persegi Panjang pada Bingkainya

Perhatikan persegi panjang ABCD pada Gambar berikut.Persegi-Panjang-ABCD

Persegi Panjang ABCD

Jiplaklah persegi panjang ABCD pada selembar karton. Kemudian, guntinglah karton itu menurut sisi AB, BC, CD, dan ADsehingga diperoleh potongan karton berbentuk persegi panjang. Selanjutnya, jika kalian putar persegi panjang tersebut maka ada berapa cara dapat menempati bingkainya kembali? Coba kamu peragakan Gambar berikut.

Menempatkan-Persegi-Panjang-pada-Bingkainya

  • Tempatkan persegi panjang pada posisi awal.
  • Dari posisi awal, baliklah persegi panjang ABCD menurut garis KL, ternyata p ersegi p anjang d apat menempati b ingkainya secara tepat, sehingga AD menempati BC.
  • Dari posisi awal, baliklah persegi panjang ABCD menurut garis MN, ternyata s isi A B d apat me nempati s isi D C, s ehingga persegi panjang ABCD dapat menempati bingkainya.
  • Dari posisi awal, putarlah persegi panjang ABCD setengah putaran (180°), ternyata p ersegi p anjang d apat menempati bingkainya secara tepat, sehingga sisi AB menempati sisi CD.
Persegi panjang dapat tepat menempati bingkainya kembali dengan empat cara.

Selain empat cara di atas, coba kalian cari apakah masih ada cara lain persegi panjang dapat menempati bingkainya kembali.

Sifat-sifat Persegi Panjang

Perhatikan Gambar berikut.

Sifat-sifat Persegi Panjang

Jika persegi panjang ABCD dibalik menurut garis k, persegi panjang itu akan menempati bingkainya, sehingga titik A akan menempati titik B, dan titik B akan menempati titik A, ditulis A↔B. Demikian halnya kita peroleh D↔C, sehingga AD↔BC. Hal ini berarti AD = BC. Persamaan dan Pertidaksamaan Eksponen ]

Selanjutnya, jika persegi panjang ABCD dibalik menurut garis l, persegi panjang itu akan menempati bingkainya seperti Gambar berikut.

Sifat Persegi Panjang

Berdasarkan Gambar di atas, diperoleh bahwa A↔D, B↔C, dan AB↔DC. Hal ini berarti AB = DC.

Dari pengamatan tersebut dapat dikatakan bahwa jarak AD dan BC selalu tetap. Demikian halnya dengan jarak AB dan DC. Oleh karena itu, AD sejajar BC dan AB sejajar DC.

Sisi-sisi yang berhadapan dari suatu persegi panjang adalah sama panjang dan sejajar.

Selanjutnya, kita akan menyelidiki panjang diagonal-diagonal persegi panjang. Baliklah persegi panjang ABCD dengan diagonal BD menurut garis ksehingga menempati bingkainya kembali seperti Gambar berikut.

Persegi Panjang

Berdasarkan Gambar di atas, kita peroleh A↔B, D↔C, BD↔AC, dan BD = AC. Sekarang, putarlah persegi panjang ABCD sejauh setengah putaran (180°), dengan diagonal-diagonal AC dan BD berpotongan di titik O.

Dari pemutaran tersebut, diperoleh O↔O, A↔C, B↔D, sehingga OA↔OC dan OB↔OD. Hal ini berarti OA = OC dan OB = OD.

Diagonal-diagonal dari suatu persegi panjang adalah sama panjang dan saling membagi dua sama besar .

Untuk menyelidiki besar sudut pada persegi panjang, baliklah persegi panjang ABCD menurut garis k, sehingga dapat menempati bingkainya.

Persegi Panjang-ABCD

Berdasarkan Gambar di atas, kita peroleh bahwa ‘∠‘DAB↔∠‘CBA dan ‘∠‘ADC↔‘∠‘BCD. Dengan demikian,‘ ∠‘DAB = ‘∠‘CBA dan ‘∠‘ADC = ‘∠‘BCD. Sifat-Sifat Fungsi Eksponen ]

Selanjutnya, jika persegi panjang ABCD dibalik menurut garis l, persegi panjang ABCD akan menempati bingkainya seperti pada Gambar berikut.

Sifar-Persegi-Panjang-ABCD

Berdasarkan Gambar di atas, kita peroleh bahwa ∠‘DAB ↔∠‘ADC dan ‘∠‘ABC↔∠‘BCD. Dengan demikian, ‘∠‘DAB = ‘∠‘ADC dan ‘∠‘ABC = ‘∠‘BCD. Akibatnya, ‘∠‘DAB = ‘∠‘ADC =‘∠‘BCD = ‘∠‘CBA. Jadi, semua sudut pada persegi panjang adalah sama besar, yaitu 90°.

Setiap sudut persegi panjang adalah sama besar dan merupakan sudut siku-siku (90°).

Dari uraian di atas diperoleh sifat-sifat persegi panjang sebagai berikut.

  1. Mempunyai empat sisi, dengan sepasang sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar.
  2. Keempat sudutnya sama besar dan merupakan sudut sikusiku (90°).
  3. Kedua diagonalnya sama panjang dan berpotongan membagi dua sama besar .
  4. Dapat menempati bingkainya kembali dengan empat cara.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Menempatkan Persegi Panjang pada Bingkainya dari admin, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan para pembaca setia niatku.com.