Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Perbedaan Mitosis dan Meiosis - Sel membelah dan bereproduksi menggunakan dua cara yaitu mitosis dan meiosis. Mitosis adalah proses pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak yang identik secara genetik yang berasal dari sel orang tua tunggal. Meiosis adalah pembelahan sel germinal yang melibatkan dua inti dan menghasilkan empat gamet atau sel kelamin dimana masing-masing memiliki setengah jumlah kromosom sel asli. Mitosis dilakukan oleh organisme bersel untuk mereproduksi diri dan juga untuk pertumbuhan jaringan, serat dan membran. Meiosis ditemukan dalam reproduksi seksual organisme. Sel telur dan sperma adalah hasil akhir dari Meiosis, lalu keduanya melebur untuk menghasilkan keturunan genetik yang berbeda.

Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Untuk memudahkan dalam mempelajari Perbedaan Mitosis dan Meiosis admin menyajikan perbedaannya dalam bentuk tabel berikut ini.

Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Proses Mitosis dan Meiosis yang dipelajari oleh para ilmuwan umumnya dengan menggunakan mikroskop untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan pola kromosom dan hubungan dalam struktur sel. Pemahaman tentang sel dengan cara mensintesis kromosom untuk reproduksi dapat diterapkan dalam bidang biomekanik dan nanoteknologi. Transplantasi gen dan kromosom melalui injeksi dan implantasi digunakan untuk bereksperimen dengan bioteknologi dan kloning. Pemahaman mengenai proses dimana sel-sel mereplikasi diharapkan akan berguna di dunia medis salah satunya untuk penemuan obat.